USAHA DOSEN FKES UDINUS TINGKATKAN KUALITAS PENELITIAN


Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi (PT) saat ini adalah kuantitas dan kualitas karya ilmiahnya. Untuk meningkatkan kualitas penelitian di Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada Selasa (16/8) diselenggarakan Pelatihan Metodologi Penelitian (MP) bagi Dosen FKes.

Saat membuka acara Dekan FKes Udinus, Dr. dr. Sri Andarini I, MKes menjelaskan bahwa tujuan pelatihan MP adalah dosen mampu melaksanakan penelitian kualitatif maupun kuantitatif dengan kaidah yang benar. “Selain itu, mampu membimbing mahasiswa untuk menyusun tugas akhir (skripsi dan karya tulis imiah) dengan baik,” jelas Andarini.

 

Pelatihan MP ini menghadirkan dua narasumber, drg. Zahroh Shaluhiyah, MPH, PhD yang menyampaikan MP kualitatif dan Dr. Nurjazuli, SKM, M.Kes tentang MP kuanitatif. Pelatihan yang diikuti oleh 32 dosen ini dilakukan dengan metode partisipatif sehingga diskusi tentang kasus-kasus yang dihadapi dalam penelitian lebih banyak dibahas daripada teori penelitian.

 

Kualitas penelitian sangat penting bagi institusi PT, seperti yang diungkapkan drg. Zahroh Shaluhiyah, MPH, PhD. “Bila hasil penelitian bisa dapat dipublikasikan dalam jurnal apalagi jurnal internasional, akan memberikan nilai tambah tidak hanya untuk dosen atau penelitinya, tetapi juga untuk institusi perguruan tinggi,” papar Zahroh. Untuk bisa publikasi dalam jurnal yang terakreditasi dan bereputasi, metode penelitian yang baik adalah suatu yang sangat penting. (*humas)

 

 

IKUTI PELATIHAN : Para dosen FKes UDinus sedang mengikuti pelatihan MP untuk meraih peningkatan kualitas penelitian, beberapa waktu lalu. Foto : Dok Fkes Udinus/Nurjanah. 

Last Update : 13 Juni 2021