LKS AKUNTANSI SE-KOTA SEMARANG DI UDINUS


Ilmu akuntansi tergolong sebagai ilmu tua yang mana dibeberapa sekolah dan hampir semua perguruan tinggi memiliki jurusan ilmu seni mencatat pembukuan keuangan ini. Di Semarang sendiri ada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akuntansi se-kota Semarang yang terus menjaga eksistensi bidang studi akuntansi. MGMP adalah perkumpulan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan akuntansi di Kota Semarang. MGMP kota Semarang di ketuai oleh Sri Suwarno M.Pd dengan jumlah anggota 27 SMK, 2 Sekolah negeri dan 25 swasta.

 

Program Studi Akuntansi S1 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyambut baik keberadaan MGMP Semarang dengan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Akuntansi Se-Kota Semarang.  LKS Akuntansi ini dilaksanakan pada Sabtu s/d Minggu (06-07/08) di Gedung C dan D Udinus. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Udinus memfasilitasi tempat, akomodasi, layanan soal dan penjurian selama LKS Akuntansi berlangsung.

Kepala Program Studi Akuntansi-S1 Udinus  Yulita Setiawanta.,SE. M.Si.,Ak.,CA mnyampaikan bahwa FEB Udinus ingin membangun jaringan yang lebih baik. Hal ini terbukti dengan naiknya intensitas Udinus pada kegiatan-kegiatan sekolah semacam ini. “Dengan adanya lomba LKS akuntansi ini harapan saya nantinya ilmu akuntansi semakin digemari dan anak-anak merasa ilmu akuntansi menyenangkan. Dengan begitu tingkat pemahaman mereka menjadi lebih baik pada bidang ilmu ini,” tutup Yulita.

 

 

Lomba LKS Akuntansi ini mengompetisikan ketrampilan siswa dalam bidang pembukuan keuangan, diantaranya lomba akuntansi manual konsep perusahaan dagang dengan standar soal Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) akuntansi, akuntansi berbasis komputer menggunakan perangkat lunak MYOB, presentasi ilmu akuntansi menggunakan bahasa Inggris sesuai topik yang sudah ditentukan, dan lomba teori akuntansi berbentuk pilihan ganda tentang teori akuntansi dan praktik akuntansi sehat.

 

Tim Juri diketuai oleh Bambang Minarso S.E., M.Si., Ak yang terdiri dari beberapa dosen kompeten di Udinus.  Peraih juara diajang ini nantinya akan diikut sertakan dalam lomba tingkat provinsi dan nasional pada bulan oktober dan akhir tahun mendatang. Juara 1 dengan skor 72,48 diraih oleh Islamiyah Silih Setyowati dari SMK N 2 Semarang, juara 2 dengan skor 72,18 diraih oleh Intan Utami dari SMK Hidayah Semarang, dan juara 3 dengan skor 67,52 diraih oleh Esti Ariani dari SMK Antonius Semarang. (*humas)

 

 

KONSENTRASI : Para peserta Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) Akuntansi se-Kota Semarang sedang berkonsentrasi mengerjakan soal di Udinus. Foto : Meyta Adeliana.

 

 

Last Update : 13 Juni 2021