DOSEN UDINUS AKAN MENGAJAR DI UNIVERSITY OF SPLIT KROASIA


Upaya Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk meningkatkan kualitas di bidang pendidikan tinggi terus dilakukan. Baru-baru ini, dua orang dosen yang berasal dari Fakultas Ilmu Komputer (FIK) memperoleh kesempatan melaksanakan program mobility dengan University of Split Kroasia.

Keduanya adalah Affandy, Ph.D., dan Erwin Yudi Hidayat, S.Kom., M.CS., yang masing-masing akan menjalankan program mobility sebagai Staff Teaching dan Staff Training. Mereka dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Erasmus+ sebagai pihak yang mendanai program tersebut. Melalui program yang dinamai Erasmus+ KA107 Indonesia, lembaga tersebut memfasilitasi akademisi dari Indonesia untuk melakukan pertukaran dengan Perguruan Tinggi (PT) mitra yang telah menjalin kerjasama dengan Erasmus+.

 

Affandy Ketua Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Udinus ini menjelaskan, nantinya ia akan mengajar sebagai dosen di Department of Professional Studies, University of Split, selama dua minggu. Dari rentang waktu yang disediakan oleh Erasmus+ untuk melaksanakan program tersebut yakni antara 1 September 2016 hingga 31 Mei 2017. “Mereka (Erasmus+) memberi jangka waktu tertentu, kemungkinan kami akan melaksanakan pada November 2016,” jelasnya.

Sejauh ini, Affandy mengaku terus mempersiapkan dirinya guna melaksanakan mobility tersebut. Salah satunya adalah berkomunikasi dengan University of Split terkait materi perkuliahan yang akan ia sampaikan. “Selain itu juga saya berharap dapat memperoleh pengalaman dan menambah relasi yang lebih luas,” tambahnya.

 

Tenaga pendidik di Udinus ini merupakan 2 dari 4 orang se-Indonesia yang terpilih mendapatkan kesempatan dari Erasmus+ untuk mengikuti program mobility ini. Selain Udinus, ada juga Universitas Teknologi Yogyakarta yang akan mengikuti program serupa.

Selain kegiatan pertukaran pengajar, ada banyak kerjasama yang dapat ditindak lanjuti. “Tidak hanya pelaksanaan program mobility saja, harapannya dari program ini kami dapat memperluas jaringan untuk melakukan riset dan studi lanjut baik bagi dosen maupun mahasiswa”, ungkap Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST., M.Kom selaku Wakil Rektor IV bidang Riset dan Kerjasama.

Selain mengirimkan dosennya ke Kroasia, Udinus juga akan kedatangan salah seorang Professor dari University of Split yang memberi kuliah umum pada mahasiswa. “Menurut rencana, kuliah umum tersebut akan diselenggarakan pada Agustus depan. Sehingga makin banyak ilmu yang bisa diserap oleh mahasiswa Udinus,” tutup Pulung. (*humas)

 

 

 

FOTO BERSAMA : Wakil Rektor IV Udinus Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST., M.Kom (tengah) berfoto bersama Rektor University of Split Prof. Dr. Simun Andelinovic (kiri) dan Vice-Rector for Science and International Cooperation Prof. Alen Soldo, Ph.D (kanan) setelah penandatangan MOU dengan University of Split Kroatia tahun lalu. Foto : Dok Humas. 

Last Update : 19 September 2021