GERAKAN SUBUH BERJAMAAH UDINUS RAMAI DIIKUTI MAHASISWA


Di bulan suci Ramadan seperti saat ini terlebih pada 10 hari terakhir, masyarakat ramai-ramai melaksanakan kegiatan keagamaan seperti kajian jelang berbuka, salat tarawih berjamaah, maupun kegiatan bakti sosial. Tak terkecuali di Univeritas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang yang mengadakan kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah (GSJ) pada Kamis malam (30/6) hingga Jumat (1/7) subuh.

“Dilaksanakan di Masjid Baitul Ilmi Udinus, kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badan Amalan Islam (BAI) Matholi’ul Anwar ini ditujukan ­untuk membiasakan jama’ah utamanya mahasiswa agar terbiasa salat subuh berjamaah,” ujar Nanda Firdaus A, selaku panitia.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada GSJ tidak hanya salat subuh, namun juga diisi dengan sharing, salat tarawih, tadarus, salat tahajud, sahur, salat subuh, hingga kultum usai melaksanakan salat subuh. “Meskipun dilaksanakan dari malam dan berakhir usai subuh, antusiasme jamaah utuk mengikuti kegiatan yang sudah berlangsung sejak empat bulan yang lalu ini sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peserta yang mencapai 60 orang,”imbuh Nanda.

Sementara itu, Ustadz Zaenal Arifin, S.E., M.Kom., yang memberi kultum usai salat subuh menyerukan pada jamaah tentang iktikaf yang seyogyanya tidak hanya dilaksanakan saat Ramadan saja. “Namun, usai melewati bulan suci tersebut jamaah diharapkan juga rutin melaksanaan kegiatan seperti iktikaf,” terangnya.

Lebih lanjut, ke depan Nanda berharap semakin banyak sivitas akademika Udinus yang mengikuti kegiatan GSJ. (*humas)

 

 

SUBUH BERJAMAAH: Gerakan Subuh Berjamaah dilaksanakan di Masjid Baitul Ilmu Udinus pada Kamis (30/6) hingga Jumat (1/7). Foto : Dok BAI Udinus.

Last Update : 25 September 2021