Fakultas Kesehatan UDINUS Melakukan Kunjungan Ke PT. Sari Husada


Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro melakukan kunjungan lapangan ke PT. Sari Husada yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogjakarta pada Rabu, 25 Mei 2016 silam. Kunjungan lapangan dihadiri oleh mahasiswa semester 6 yang terdiri dari 35 mahasiswa peminatan keselamatan dan kesehatan kerja serta 16 mahasiswa peminatan kesehatan lingkungan  dari program studi kesehatan masyarakat. Kunjungan lapangan itu sendiri adalah salah satu bentuk pembelajaran dari pihak fakultas yang dimaksudkan agar mahasiswa tidak hanya memahami teori yang diajarkan dari materi perkuliahan tetapi juga implementasinya secara langsung di lapangan. Adapun 6 dosen yang mengampu mata kuliah yang terkait dengan kunjungan lapangan ini turut serta dalam kunjungan lapangan untuk menambah wawasan sekaligus mendampingi mahasiswa dalam perjalanan. Kunjungan berlangsung dengan lancar dan sangat menginspiratif yang diawali dengan pemaparan Sekilas tentang Sari Husada oleh pihak PT. Sari Husada (Anna, Taufik, dan Bondan) dilanjutkan dengan melihat secara langsung ke dalam pabrik.

PT Sari Husada adalah salah satu perusahaan yang selalu menetapkan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang tinggi untuk seluruh karyawannya oleh  karena itu kami menjadikannya sebagai tujuan kunjungan lapangan kali ini. PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil & menyusui dan anak. Perusahaan ini telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1954 sebagai wujud nyata Program Kecukupan Protein Nasional yang diselenggarakan pemerintah Indonesia bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sarihusada percaya bahwa keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hak dasar bagi setiap orang, dimana kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditiadakan. Perusahaan ini memiliki program bernama WISE (Work In Safe Environment), dimana program tersebut merupakan sebuah program berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja secara menyeluruh, baik di operasional (pabrik) maupun komersial (penjualan dan distribusi).

Dengan gambaran penerapan K3 yang didapat dari kunjungan ini, diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmunya pada dunia kerja mereka nantinya.

Last Update : 27 September 2021