FKES Melakukan PKL Ke Balai IPAL Sewon


Pelaksanaan kunjungan lapangan merupakan kegiatan wajib dari Fakultas Kesehatan. Kunjungan lapangan ke Balai Instalasi Pengolahan Air Limbah (Balai IPAL) Sewon ini dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa semester 6. Kunjungan Balai IPAL ini diikuti oleh peminatan Kesehatan, Keselamatan dan Kerja (K3) dan peminatan Kesehatan Lingkungan.

Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahun 1936 telah dibangun jaringan pembuangan air limbah sepanjang ± 110 km tetapi pencemaran karena limbah masih dibuang secara langsung ke sungai-sungai melintasi kota. Dipilihnya Balai Instalasi Pengolahan Air Limbah (Balai IPAL) karena pengolahan produksi limbah rumah tangganya mencapai  110.000 jiwa dengan volume 15.500 m3/hari dan diatas lahan seluas 6,7 Ha.

IPAL Sewon dibangun pada tahun 1994-1995 yang terpusat di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul berasala dari hibah pemerintah Jepang melalui Departemen Pekerjaan Umum senilai 59 miliar. Pada tahun 2009 IPAL Sewon berstatus Balai IPAL merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah PU Perumahan dan ESDM. Tugas dan fungsi BIPAL untuk menyelenggarakan pengelolaan air limbah rumah tangga. Cakupan layanan hampir seluruh wilayah kota Yogyakarta meliputi 14 kecamatan, sebagian wilayah di Kabupaten Sleman (2 kecamatan), sebagian wilayah Bantul (3 kecamatan). 

Selama kegiatan kunjungan berlangsung Di Balai IPAL Sewon kita semua disuguhkan berbagai penjelasan dari Kepala BIPAL tentang bagaimana skematik penyaluran air limbah dari pekerjaan sambungan rumah, pekerjaan jaringan pipa sampai ke Balai IPAL pembuangan. Semua mahasiswa menjadi mengetahui proses pengolahan air limbah bermula dari sambungan rumah dan pipa lateral yang mengalirkan air limbah menuju IPAL sampai lumpur kering yang dimanfaatkan untuk pupuk tanaman.

Salah satu petugas Balai IPAL mengajak seluruh mahasiswa ketempat proses pengolahan dan   memberi pengarahan tentang penjelasan berbagai alat dan bak pengendap untuk pengolahan limbah di BIPAL Sewon  seperti screw pump (pompa ulir), grict chamber (bak pengendap PSR), Kolam Fakulatif, Vacuum Pump, Kapal Penyedot Lumpur. Seluruh mahasiswa aktif bertanya tentang manfaat, fungsi dan proses pengolahan air limbah tersebut. 

Selanjutnya setelah kembali ke kampus Universitas Dian Nuswantoro, mereka dapat mengetahui bagaimana proses pengolahan air limbah rumah tangga dan aplikasinya ke masyarakat untuk pemanfaatan pupuk tanaman.

Mari bergabung bersama kami.

Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro.

Last Update : 17 September 2021