ANGKAT ISU REKLAMASI JAKARTA, PINNADA BAWA FIB UDINUS JUARA 1 ESA 2016


Prestasi kembali diraih oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, kali ini diraih oleh Pinnada Suradijaya yang berhasil merebut juara 1 kategori English Essay Competition se-Jawa pada ESA Week 2016 belum lama ini. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus tersebut berhasil mempertahankan argumen esai yang ditulisnya di hadapan dewan juri.

Pinnada yang mengaku baru pertama kali mengikuti lomba tersebut mengaku tak menduga dirinya dapat meraih juara pada lomba yang diadakan di UNNES tersebut. “Perasaan saya senang bisa buat bangga orang-orang di sekitar yang sudah men-support saya. Tidak menyangka juga karena ini pertama kali saya ikut ESA”, tuturnya.

 

Isu tentang reklamasi teluk Jakarta yang sedang hangat dibicarakan di level nasional menjadi bahan yang digunakan oleh Pinnada membuat esai. Melalui karyanya tersebut, mahasiswa berambut panjang ini mengungkapkan beberapa dampak yang diakibatkan dari reklamasi di teluk Jakarta. “Saya mengambil tema Reclamation of Jakarta Bay karena lagi hot. Dampak yang ditimbulkan dari reklamasi itu ya seperti banjir dan rusaknya ekosistem daerah di sekitarnya”, ujar mahasiswa semester empat ini.

Selain mengkritisi kebijakan tentang reklamasi teluk Jakarta, Pinnada juga memberikan solusi yang ia tulis dalam esai. Menurutnya solusi yang tepat untuk mencegah reklasmasi tersebut adalah adanya pemerataan penduduk, restorasi dan revitalisasi.

 

Sementara itu, tanggapan positif datang dari Sri Mulatsih, M.Hum., yang tak lain adalah dosen yang membimbing Pinnada selama mengikuti lomba tersebut. Ia mengaku bangga pada anak didiknya tersebut. “Pinnada ini memiliki kemampuan menulis dan berbicara yang sangat baik,” ujarnya.

Sri menambahkan, untuk mencari mahasiswa yang mempunyai dua kemampuan tersebut tidaklah mudah. Oleh karena itu, ia sudah memantau kemampuan dari Pinnada sejak lama sehingga persiapan untuk mengikuti ESA Week 2016 bisa optimal. (*humas)

 

 

PEMENANG : Pinnada Suradijaya menjadi pemenang juara 1 kategori English Essay Competition se-Jawa pada ESA Week 2016 belum lama ini. Foto: Kholid Hazmi.

Last Update : 21 Juni 2021