ALDAKAWANASETA UDINUS GELAR ORIENTEERING COMPETITION


 

Kegiatan yang dilakukan aktivis pecinta alam tidak melulu soal pendakian gunung (mountainering). Ada berbagai jenis kegiatan di dalamnya seperti: Panjat Tebing, Rapling (menuruni tebing), Caving (susur goa), survival, dan Orienteering. Orienteering adalah satu kegiatan yang masih asing di telinga masyarakat umum. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebagai pelatihan militer. Peserta membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan kompas dan peta untuk menyelesaikan rute lintasan dari satu titik kontrol menuju titik kontrol berikutnya dengan waktu sesingkat mungkin.

 

Pada Sabtu - Minggu (21-22/5), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Aldakawanaseta Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dibantu Seventure sports menggelar kompetisi Orienteering tingkat nasional. Sebanyak 97 tim dari berbagai kota dan berbagai pulau turut andil memeriahkan Aldaka Orienteering Competition. “Ini orienteering yang pesertanya paling banyak se-Indonesia dalam jenis score event selama ini, Peserta terjauhnya berasal dari Pekanbaru Riau,” ujar Bambang Setiawan official Contur Orienteering Tangerang. Para Orienteer (sebutan untuk peserta Orienteering) melalui dan mengakhiri rute lintasan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Ungaran.

 

Dikategori umum putra juara 1 diraih oleh tim Mapala Dinamik Universitas Muhammadiyah Surakarta, juara 2 dari tim Tangerang Cilacap Orienteering, juara 3 didapat oleh tim Mahapala Universitas Negeri Semarang. Dikategori umum putri juara 1 diraih oleh tim Mapala Metala Universitas Muhammadiyah Surakarta, juara 2 dari tim Wapalhi Politeknik Negeri Semarang, juara 3 dari tim Mapala Metala Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dikategori pelajar putra, juara 1 diraih tim dari SMK N 1 Miri Sragen, juara 2 dari tim SMKN 1 Miri Sragen, dan juara 3 dari tim Dragon Salatiga. Dikategori pelajar putri juara 1 diraih oleh tim Tangerang Cilacap Orientering, juara 2 dari tim SMK N 1 Miri Sragen, dan juara 3 dari tim Dragon Salatiga. “Selain program kerja tahunan, kegiatan ini juga untuk lebih mendekatkan Aldakawanaseta Udinus dengan sesama pecinta alam lainnya,” tutup Ketua Panitia kegiatan ini, Much. Azizum Hakim. (*humas)


START : Para peserta Orienteering Competition memulai start di lokasi lomba dengan rute lintasan di SLBN Ungaran pada Minggu (22/5). Foto: dok Aldakawanaseta.

 

Last Update : 25 September 2021