DOSEN FIB UDINUS PROAKTIF PERANKAN APPBIPA JATENG


Asosiasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Jawa Tengah, bekerjasama Language Training Center (LTC) UKSW dengan Balai Bahasa Jateng baru-baru ini menggelar seminar dengan tajuk “Standardisasi Pengajaran dan Kompetensi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)” dengan pembicara Dr. Liliana Muliatuti, M.Pd. (Ketua APPBIPA Pusat),Dr. Maryanto, M.Hum. (Kepala Bidang Diplomasi Kebahasaan, Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Pada kesempatan itu juga, Liliana juga melantik pengurus APPBIPA Jawa Tengah yang diketuai oleh Yusro Edy Nugroho, S.S.M.Hum dan jajarannya. Liliana menyambut baik dan memberi suport atas berdirinya organisasi itu.

"Kami sangat mendukung aktifitas organisasi ini, semoga bisa memberi kontribusi banyak pihak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Drs, Pardi, M.Hum berharap APPBIPA Jawa Tengah dapat menjadi mitra dalam menjawab kebutuhan pengajaran BIPA di Jawa Tengah, terutama di era MEA, serta memajukan upaya pemartabatan bahasa Indonesia di negeri sendiri dan di dunia internasional.

"Organisasi ini diharapkan mampu memajukan martabat bangsa melalui bahasa, baik di lingkup nasional maupun mancanegara"tambahnya.

Ia menambahkan, pengajar dan pegiat BIPA yang ingin mendaftar keanggotan APPBIPA Jawa Tengah dapat menghubungi sekretariat APPBIPA Jawa Tengah di Balai Bahasa Jawa Tengah, Jalan Elang Raya 1, Mangunharjo, Tembalang, telepon 024 76744357 atau berkunjung ke laman APPBIPA Jawa Tengah di appbipajateng.esy.es.

Dalam Kesempatan ini 3 orang dosen Universitas Dian Nuswantoro dipercaya untuk menjadi pengurus APPBIPA Jateng,  mereka adalah R. Arief Nugroho, M.Hum.,  Dedi Joko Purnomo, M.Kom., dan Drs. A. Soerjowardhana, M.Pd. dari Fakultas Ilmu Budaya. (*)

 

Foto : Dok FIB Udinus.

Last Update : 25 September 2021