FT UDINUS KENALKAN DUNIA ROBOTIK LEBIH DINI


Pengenalan bakat untuk anak perlu dilakukan sedini mungkin. Cara belajar dan mengajar untuk anak-anak pun perlu ketelatenan dan hati-hati. Pada masa ini anak cenderung menirukan apa yang mereka lihat. Setiap pembelajaran harus dilakukan dengan bermain. Tidak hanya mengajar membaca, menulis, dan berhitung di dalam kelas, mereka perlu melakukan kegiatan belajar di luar kelas dan di tempat-tempat baru. Salah satunya adalah dengan melakukan kunjungan belajar.

 

Kamis (12/05) 2016 rombongan Kelompok Bermain (KB) & Taman Kanak-kanak (TK) Islam Plus Al Azhar Grobogan Purwodadi belajar mengenal robotik di Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Sekitar 50 anak di dampingi para wali murid menyambangi studio Televisi Kampus Udinus (TVKU) Semarang. Murid-murid ini diperkenalkan sekilas tentang penyiaran melalui tayangan video, baru kemudian mereka ditunjukkan koleksi robot milik FT Udinus. “Supaya anak-anak bisa belajar dan kenal robot sedini mungkin dan lihat studio TV langsung sambil bermain,” ujar Endang Susilowati, Amd selaku Kepala Sekolah TK Islam Plus Al Azhar Grobogan.

 

Anak-anak sangat antusias ketika tim robotik FT Udinus memperlihatkan koleksi robot yang dimiliki. Robot Nano menari tarian Wilujeng diiringi suara musik gamelan, robot yang bisa bermain bola tersebut membuat sebagian murid KB TK Islam Plus Al Azhar Grobogan menggerakkan jemari tangannya mengikuti gerakan robot Nano. Bahkan ketika Coco, robot yang menyerupai anjing dikeluarkan, murid-murid tertawa lepas menyaksikan atraksi sang robot yang bisa berguling dan senam. Sebagian dari mereka mencoba menyentuh Coco, karena robot tersebut peka terhadap sensor suara tepukan dan sentuhan tangan. “Ini adalah cara kami mengenalkan produk teknologi Udinus lebih dini. Selain untuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pola bermain sambil belajar akan lebih mengena,” ujar Dr. Dian Retno Sawitri, Ir., MT selaku Kaprogdi Teknik Elektro FT Udinus. (*humas)

 

 

MENYIMAK : Murid-murid KB & TK Al Azhar Grobogan menyimak penjelasan mahasiswa FT Udinus tentang robot Nano & Coco studio TVKU. Foto: Meyta Adeliana

Last Update : 19 Juni 2021