BUNKASAI 2016 DATANGKAN KIBI INTERNATIONAL UNIVERSITY JAPAN


Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIKARI) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian  Nuswantoro (Udinus) pada Sabtu – Minggu (7/8) nanti akan menyelenggarakan perhelatan tahunan yang dikenal dengan nama Bunkasai. Jika tahun lalu mengangkat tema “Klbou” yang berarti harapan, tahun ini Bunkasai

mengambil tema “Niji” yang berarti pelangi.

 

Sejauh ini antusiasme peserta yang akan ikut andil dalam Bunkasai cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari penuhnya kuota peserta untuk lomba non akademik seperti Band Competition, Cover Dance Competition, dan Karaoke Competition. Sementara untuk tiga cabang lomba non akademik yang lain pendaftaran peserta akan dilakukan saat hari pelaksanaan Bunkasai, yakni Cosplay Competition, Ramen Compeititon, dan Milk Drinking Competition. Selain itu, panitia juga mengadakan lomba akademik untuk siswa SMA se-derajat yang terdiri dari Japanese Story Telling Competition, Lomba Cerdas Cermat (LCC), Japanese Caligraphy (Shodou), dan Manga Drawing Competition.

 

Salah satu hal yang menarik pada Bunkasai 2016 nanti adalah hadirnya KIBI International University Japan sebagai salah satu pendukung acara. “Kehadiran salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ternama di Jepang ini diharapkan dapat menarik minat pengunjung dan siswa SMA untuk melanjutkan studi ke Sastra Jepang Udinus,” ujar Budi Utomo selaku Ketua Panitia Bunkasai 2016.

Selain itu, Budi juga berharap Bunkasai tahun ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas terutama para pengunjung. Menurutnya manfaat itulah yang dapat membuat Sastra Jepang Udinus bangga. “Dengan melihat kebudayaan negara lain, ada banyak hal yang dapat dipelajari. Selain itu, diharapkan generasi muda juga tetap melestarikan budaya sendiri,” pungkasnya. (*humas)


Foto : Bunkasai 2015 (dok)

Last Update : 18 September 2021