HUMAS UDINUS GELAR FORUM MELEK MEDIA


Untuk mewujudkan institusi yang responsif pada perkembangan segala bidang, memang harus aware pada berbagai isu yang sedang hangat. Inilah yang dilakukan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk lebih mengeratkan hubungannya dengan media. Beberapa waktu yang lalu, Humas Udinus bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang dan Tribun Jateng menggelar forum melek media dan workshop, di gedung H Universitas Dian Nuswantoro.

 

Diskusi yang menggusung tema “Humas sebagai Ujung Tombak Promosi di Era New Media” ini mengahadirkan pembicara dari Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si, Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo, dan Pemimpin Redaksi Tribun Jateng Yusran Pare.

Forum ini dihadiri sejumlah humas dari berbagai instansi mulai perhotelan, pemerintahan, kepolisian, rumah sakit di Semarang. Pengurus AJI Semarang Rofiudin menegaskan workshop hari ini merupakan lanjutan dari diskusi humas yang digelar pada 17 Februari lalu.

 

Prof. Dr. Supriadi Rustad mengemukakan, humas ini merupakan ujung tombak sebuah instansi, dengan mencontohkan sosok-sosok humas yang berpengaruh sekaligus bisa menjadi panutan. “Contohnya Johan Budi saat menjadi juru bicara KPK. Penanganan dan relasi terhadap media yang terjalin apik, akan mendatangkan keuntungan bagi instansi tersebut,” tutur Supriadi,

 

Sementara itu, Pegurus AJI Semarang mengemukakan, "Hampir semua instansi memberikan perhatian khusus pada Public Relations. Baik itu  partai politik, pemerintahan, perhotelan sehingga diskusi ini bisa tahu apa yang diinginkan PR dari jurnalis sebaliknya teman-teman humas juga mengetahui pola mekanisme kode etik jurnalis," terang Rofiudin. (*)

Last Update : 24 Juni 2021