WISUDA 56 UDINUS


Pada Rabu (30/3) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyelenggarakan wisuda yang ke-56 Tahun 2016. Kegiatan akbar Wisuda Magister, Sarjana dan Diploma Tiga ini dihelat di Grand Rama Convention Hall Patra Convention Hotel Semarang.

Sesuai dengan rangkaian pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya penyelenggaraan di bidang pengajaran dan pendidikan, Udinus telah berhasil meluluskan 702 mahasiswa pada 17 Program Studi. Diantaranya 73 mahasiswa Program Magister Teknik Informatika, 10 mahasiswa Program Magister Manajemen, 151 mahasiswa Program Sarjana Teknik Informatika, 64 mahasiswa dari Program Sarjana Desain Komunikasi Visual, 81 mahasiswa Program Sarjana Manajemen, 94 mahasiswa Program Sarjana Akuntansi, 16 mahasiswa Program Sarjana Sastra Inggris, 13 mahasiswa Program Sarjana Sastra Jepang, 44 mahasiswa Program Sarjana Kesehatan Masyarakat, 3 mahasiswa Program Sarjana Teknik Elektro, dan 6 mahasiswa Program Sarjana Teknik Industri. Dan dari program Diploma diantaranya 1 mahasiwa Program Diploma Tiga Manajemen Informatika, 5 mahasiswa Program Diploma Tiga Penyiaran, 14 mahasiswa Program Diploma Tiga Rekam Media dan Informasi Kesehatan. Dan hingga kini alumni Udinus yang tersebar di dunia industri telah mencapai puluhan ribu.

 

Adapun 8 wisudawan-wisudawati terbaik dengan predikat pujian adalah Firsti Manah Asri dari jurusan Magister Teknik Informatika dengan IPK 3.81; Muhammad Tosan Bingamawa dari jurusan Teknik Informatika dengan IPK 3.9; Avira Budianita dari jurusan Sistem Informasi dengan IPK 3.74; Teguh Setiono dari jurusan Desain Komunikasi Visual dengan IPK 3.59; Susila Hesti Purnama dari jurusan Manajeman dengan IPK 3.76; Cristin Noviyanti dari jurusan Akuntansi dengan IPK 3.85; Eva Crystalia dari jurusan Sastra Inggris dengan IPK 3.73; dan Octia Gneiss Kemala Nuralfiani Ashadi dari jurusan Kesehatan Masyarakat dengan IPK 3.86.

 

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat, Udinus juga banyak melakukan perubahan menuju yang lebih baik lagi. Hal ini disampaikan oleh Rektor Udinus, Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom dalam sambutannya di wisuda ke-56 ini. Bahwa 17 program studi Udinus yang ada, kini telah bertambah menjadi 23 program studi yang dapat dijadikan pilihan bagi masyarakat. Tambahan program studi yang baru diantaranya 3 program studi jenjang strata satu, itu Kesehatan Lingkungan, Teknik Biomedik, dan Ekonomi Syariah. Dan 3 program studi lainnya untuk jenjang Sarjana Terapan, yaitu Manajemen Perhotelan, Animasi, serta Film & Televisi.

“Perubahan lainnya dari Udinus  adalah akreditasi dari Ban-PT. Untuk institusi Udinus dalam proses re-akreditasi, dengan harapan dapat memperoleh akreditasi A. Demikian pula dari 17 Program Studi, 3 diantaranya terakreditasi A dan 14 yang lain terakreditasi B,” papar Edi Noersasongko.

Pada kesempatan yang sama, ditandatangani pula kerjasama dengan Jeonju University Korea, yang merupakan perguruan tinggi Korea kedua yang bekerjasama dengan Udinus, setelah Kangwoon University. Nantinya pada tahun ke-3, mahasiswa Udinus bisa dikirimke Joenju University Korea untuk menyelesaikan studi disana selama 2 tahun. Udinus juga segera membentuk Pusat Pelatihan Bahasa Korea, untuk membembekali mahasiswa Udinus dari berbagai program studi dengan bekal kemampuan berbahasa Korea.

Udinus sengaja memilih Korea untuk kerjasama yang dijalin kali ini, karena Joenju University ini sangar dekat dengan dunia industri. Bahkan magang industri bagi mahasiswa semester akhir sudah  menjadi kewajiban. “Sehingga mahasiswa Udinus tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan, namun juga mendapat pengalaman industri internasional,” tambah Edi. Dan dalam Wisuda ke-56 ini, orasi Ilmiah diisi oleh Choi Won-cheol, Ph.D selaku Vice President of Jeonju University Korea. (*humas)

 

 

Last Update : 24 Juni 2021