LOMBA KOMIK STRIP JADI RUANG BERKARYA MAHASISWA


Jika mayoritas cabang lomba yang diadakan di Dinusfest 2016 melibatkan peserta dari siswa SMA se-derajat, namun lain halnya dengan cabang lomba komik strip yang pada ajang Dinusfest kali ini dikhususkan untuk mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) saja.

Meskipun jumlah peserta yang mengikuti lomba komik strip ini tak sebanyak peserta di cabang lomba lain, namun lomba yang mengandalkan teknik menggambar ini memiliki daya tarik sendiri. Diselenggarakan di laboratorium manajemen, gedung C lantai 2 sebanyak 10 peserta nampak serius membuat sebuah komik strip sesuai dengan tema yang ditentukan, yakni “Indonesia Masa Depan”.

 

Berdasarkan pengamatan Godham Eko Saputro, M.DS., yang juga menjadi juri tunggal, semua peserta sudah memiliki basic menggambar yang bisa dikatakan mumpuni. Hal ini wajar karena sembilan peserta berasal dari Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang notabene mereka juga mendapat mata kuliah komik. Sedangkan satu peserta lainnya berasal dari Fakultas Teknik.

Selain harus memiliki teknik dasar menggambar yang mumpuni, hasil karya peserta juga harus dapat memenuhi aspek penilaian yang ditentukan oleh juri. Setidaknya terdapat empat komponen yang menjadi indikator penilaian, yakni kesesuaian karya dengan tema, kadar komunikasi dan story telling, penguasaan teknik visualisasi, dan keunikan karya.

 

Kebijakan panitia yang mengharuskan peserta lomba ini merupakan mahasiswa Udinus nampaknya mendapat tanggapan positif dari Godham,. Menurutnya kebijakan tersebut sangat menguntungkan bagi mahasiswa dan juga merupakan sebuah kemajuan. Hal ini dikarenakan lewat ajang inilah mahasiswa memiliki ruang untuk berkarya sekaligus berkompetisi. “suatu kemajuan karena bisa memberi ruang untuk mahasiswa”, terangnya.

Selain itu, Godham menambahkan kebijakan tersebut juga akan memudahkan kampus untuk menjaring bibit potensial dalam bidang komik. “dari sini bisa menjaring bibit komikus potensial”, imbuhnya. Godham berharap lomba ini bisa menjadi ajang seleksi untuk mempersiapkan bibit komikus baik untuk mengikuti kompetisi maupun terjun ke dunia industri. (*humas)

Last Update : 15 Juni 2021