MERIAH, DINUSFEST DIIKUTI 1348 SISWA SMA SE-DERAJAT


Sukses mengadakan ajang Dinusfest selama dua tahun berturut-turut ke belakang, tahun ini ajang yang berisi puluhan lomba dan expo ini kembali diadakan untuk yang ke tiga kalinya. Bertempat di halaman gedung D Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Dinusfest tahun 2016 kembali diadakan. Suasana meriah nampak saat pembukaan Dinusfest yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor II, Dr. St. Dwiarso Utomo SE,M.Kom,Akt,CA.

Ajang tahunan ini berlangsung selama tiga hari, yakni pada 21-23 Maret 2016. Di tahun 2016 ini, terdapat sedikit perbedaan ihwal pelaksanaan Dinusfest di mana pada tahun-tahun sebelumnya kepanitian dari ajang ini sepenuhnya dilaksanakan oleh dosen. Akan tetapi, pada Dinusfest kali ini kepanitiaan diberikan kepada Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang ada di Udinus. Hal tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada banyaknya varian lomba yang diselenggarakan, karena masing-masing ormawa diharuskan membuat suatu perlombaan sesuai dengan bidangnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari panitia, peserta lomba di ajang Dinusfest tahun ini mencapai 1348 siswa dan 400-an mahasiswa dari total 28 cabang lomba. Bahkan, peserta yang mengikuti lomba tidak hanya datang dari daerah Semarang dan sekitarnya, jumlah peserta siswa yang lebih dari seribu tersebut ada yang berasal dari Purworejo, Kalimantan, Sumatera Selatan, hingga Fak-Fak Papua Barat. Selain menjadikan Dinusfest menjadi meriah, partisipasi peserta kategori siswa yang berasal dari lebih dari 100 SMA ini juga menjadi ajang promosi bagi Udinus. Mereka dapat mengetahui suasana dan kegiatan yang ada di Udinus secara langsung. “keikutsertaan peserta dari berbagai SMA ini sangat positif, mereka bisa mengenal Udinus lebih dekat lewat kegiatan dan lomba ini”, ujar Dwiarso.

Sementara itu, tanggapan positif datang dari Cindy Apriliana salah satu peserta lomba dance competition. Siswi kelas X SMAN 1 Semarang ini merasa senang dapat menjadi bagian dari ajang Dinusfest tahun ini. Ia bersama empat rekannya yang tergabung dalam tim “Be Best Be Boy” ini mengaku memperoleh banyak ilmu atas penilaian juri dari performa timnya ketika tampil. “senang mas, kita bisa belajar dari kekurangan yang dinilai juri tadi. Bisa jadi masukan buat kita ke depan”, tuturnya.

Selain lomba, panitia juga menyediakan 40 stand expo yang menampilkan berbagai produk mahasiswa mulai dari makanan hingga aneka kerajinan kreatif. Adanya expo juga dapat menambah suasana meriah Dinusfest 2016. Peserta maupun pengunjung dapat menyaksikan lomba sembari menikmati kuliner dari mahasiswa Udinus sendiri. (*humas)

Last Update : 20 September 2021