12 MAHASISWA KKU THAILAND KULIAH DI UDINUS


Diberikan pengakuan oleh dunia internasional, tidak hanya dibuktikan dengan penandatangan MOU secara formal saja. Namun juga harus disempurnakan dengan realisasi kerjasama yang dilakukan intens antara kedua belah pihak. Inilah yang diwujudkan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada Selasa (9/2) lalu, dengan kembali menerima 12 mahasiswa dari Khon Kaen University (KKU) Thailand. Diterima oleh Rektor Udinus Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom, Wakil Rektor 4 Bidang Riset dan Kerjasama Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST., M.Kom, Dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Dr. Abdul Syukur.

“Ini adalah kali kedua KKU Thailand mengirimkan mahasiswanya untuk mengikutiCooperative Education di kampus kami. Tentunya ini membuktikan bahwa Udinus dipercaya kembali di level internasional,” papar Edi bangga.

 

Kedatangan para mahasiswa ini adalah dalam rangka Cooperation Education di Udinus selama 4 bulan kedepan. Dibawah naungan FIK Udinus mereka akan ditempatkan di beberapa perusahaan yang telah bekerjasama dengan Udinus.

“Dari 12 orang mahasiswa dari KKU Thailand ini, 2 berasal dari Program Studi (Progdi) Ilmu Komputer, dan sisanya dari Progdi (GIS). Sehingga ilmu yang mereka dapat di bangku perkuliahan di Thailand sana, dapat disinkronisasikan dan diterapkan di perusahaan-perusahaan tersebut,” jelas Pulung.

 Mulai minggu depan, mereka akan ditempatkan di Pusat Informasi Publik (PIP) milik Pemerintah Kota Semarang, TVKU, Dinustech, dan di FIK Udinus sendiri. Dan setiap minggunya hingga beberapa bulan kedepan, kegiatan mereka akan dievaluasi oleh dosen pembimbing dari Udinus agar didapatkan feedback yang baik. “Selain meningkatkan kualitas pendidikan di Udinus sendiri, ini adalah cara kami untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam hal ini untuk pengabdian masyarakat,” tambah Pulung.

 

Salah satu dari 12 mahasiswa KKU Thailand, Laoongdao Seenakrung mengaku sangat antusias dengan kegiatan mereka di Indonesia, khususnya Semarang ini. “Kami masih perlu banyak adaptasi disini, baik dari segi lingkungan maupun makanannya. Namun kami sangat nyaman di Udinus, karena baik mahasiswa, dosen, maupun karyawannya sangat ramah dan membantu kami,” ungkap mahasiswa KKU Thailand, yang akrab disapa Dao ini terbata-bata dalam bahasa Inggris. (*humas)

Last Update : 15 Juni 2021