DIKTI TUNJUK UDINUS ADAKAN PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN


Pada Jumat (13/11) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mendapat kepercayaan dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek dan Dikti untuk mengadakan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Program Bantuan Dana Stimulus 2015. Acara yang dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung H Udinus ini diikuti oleh 75 orang dosen dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Kota Semarang.

 

Untuk mendukung misi Kemenristek dan Dikti saat ini yakni hilirisasi dan komersialisasi, pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan untuk para dosen agar makin mahir menulis proposal yang baik. “Biasanya ada kendala kenapa penelitian dalam Perguruan Tinggi (PT) tidak telaksana dengan baik. Yang pertama adalah tidak berkualitasnya Sumber Daya Manusia (SDM)nya dalam hal ini dosen. Selain itu fasilitas riset yang tidak tersedia di PT tersebut, serta komitmen perguruan pimpinan PT yang sering kali tidak konsisten dalam mendukung penelitian. Namun nampaknya Udinus punya komitmen tinggi untuk mengembangkan penelitian di kampusnya,” ujar Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek dan Dikti Prof. Ocky Karna Radjasa, Ph.D.

 

Di Indonesia ini terdapat 14 PT dalam kategori maju, dan 772 PT yang masuk dalam kategori binaan. Nantinya 70% dana riset akan dialokasikan untuk PT binaan. “Udinus ini masuk dalam PT binaan, sehinggi penguatan kapasitas dosen sangat dibutuhkan agar dpaat menulis proposal yang baik, sehingga berefek pada makin banyak didapatkannya dana hibah untuk penelitian.,” tambah Ocky.

 

Hal ini diamini oleh Wakil Rektir 3 bidang Riset dan Kerjasama Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST., M.Kom. Dimana Udinus sendiri telah menyiapkan paket untuk mendorong dosen intern dalam mengadakan penelitian, agar penelitian makin meningkat. “Setelah diadakannya pelatihan seperti ini, Dirjen Dikti juga menambah kuota untuk penelitian, agar makin banyak PT yang terpacu” ungkap Pulung. (*humas)

 

Last Update : 25 September 2021