PENGUATAN KARAKTER PANCASILA OLEH KEMENDAGRI DI UDINUS


Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menggandeng Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (BEM KM Udinus) untuk menggelar seminar karakter dengan mengusung tema “Revitalisasi dan Aktualisasi Pancasila dalam Rangka Penguatan Karakter Bangsa”. Seminar yang diadakan pada Jum’at (30/10) ini dilaksanakan di gedung E lantai 3 dengan peserta sekitar 150 mahasiswa reguler dan sejumlah aktivis. Seminar ini merupakan fasilitas pemasyarakatan Pancasila di lingkungan perguruan tinggi dari Kemendagri.

 

Menurut Dr. Ir Sapto Supono,M.Si Direktur Bina Ideologi, Karakter & Wawasan Kebangsaan, ini adalah sebagai wujud bagaimana Pancasila menjawab tantangan global yang sedang dihadapai bangsa, dengan mulai menyadari dan menjaga apa yang dimiliki Indonesia. “Salah satu contonhnya adalah apabila Indonesia bisa menerapkan Captive Market, dimana bangsa ini bisa memproduksi sendiri apa yang kita konsumsi. Maka suatu saat Indonesia bisa menjadi negara yang besar yang bisa menyaingi Cina. Karena sebenarnya kita punya Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang sangat kaya,” papar Sapto.

 Selain itu, seminar ini juga mengupas bagaimana sikap Pancasila di lingkungan kampus dan kearifan budaya lokal dengan Dr. Yuventus Tyas Catur Pramudi Ssi.,M.Kom sebagai narasumbernya.

 

Di kampus Udinus sendiri penanaman moral dan penguatan karakter sedang digembleng. Salah satu bentuk keseriusannya adalah Udinus sudah menjadi kampus anti narkoba, yang mana  obat-obatan terlarang tersebut bisa menjadi muara mahasiswa menjadi amoral. Penerapan jam malam kampus harus steril dari kegiatan juga menjadi bagian dari penggemblengan moral dan karakter Udinus untuk mahasiswanya. “Kalau tahun lalu Udinus itu tahun prestasi, tahun ini Udinus adalah tahun karakter”, tutur Rindra Yusianto S.Kom.,MT selaku Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus. (*humas)

Last Update : 25 September 2021