FIB UDINUS DATANGKAN DOSEN DARI EROPA


Menulis sebuah paragraf mungkin adalah hal yang mudah. Namun bagaimana jika paragraf tersebut ditulis dalam bahasa Inggris? Mengingat bahasa Inggris ini memiliki struktur kalimat yang unik dibandingkan berbagai bahasa di dunia. Untuk membekali mahasiswa tingkat akhir  dalam penulisan menggunakan bahasaInggris, maka program studi (progdi) Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengundang public lecturer dari Pulau Malta, Eropa.

“Kegiatan pelatihan yang mendatangkan public lecturer ini memang sudah rutin dilakukan, selama kurang lebih empat tahun belakangan ini di FIB Udinus. Tenaga pengajar dari berbagai benua di dunia yang mendalami bahasa Inggris, kami hadirkan untuk memperkuat kompetensi lulusan progdi Inggris, “ tutur Dr. Dwi Eko Waluyo dalam sambutannya.

Selain itu, diharapkan pelatihan yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir mulai dari semester 5 ini dapat menggugah bakat-bakat menulis para pesertanya, dan tidak canggung lagi untuk berinteraksi dengan native speake yang berasal dari benua yang berbeda. “Acaranya yang dikemas secara interaktif oleh narasumber membuat mahasiswa lebih nyaman untuk menggali ilmu lebih banyak lagi,” tambah Dwi Eko.

Pada kesempatan ini, Senin (12/10) di Ruang G.3.4-5 Gedung H Udinus, Dr. Joseph G. Mallia, Ph.D Delta membahas bagaimana penulisan akademik menjadi sebuah sajian yang sempurna dan tetap sesuai kaidah gramatikal bahasa Inggris. “Bahasa Inggris ini memang sangat unik, ada ketentuan secara lingustik yang harus dipatuhi. Namun mahasiswa progdi Inggris Udinus ini sangat atraktif dan komunikatif dalam mengikuti acara ini, sehingga kelas menajdi menjadi sangat hidup,” jelas Joseph.

Di pelatihan ini, mahasiswa diajak untuk langsung menjawab pertanyaan serta latihan-latihan yang diberikan Joseph. “Setelah kegiatan ini, saya harap mahasiswa Inggris Udinus ini makin banyak berlatih. Karena hanya dengan berlatih, banyak salah dan koreksi, menjadikan makin mahir dalam mendalami bahasa Inggris,” tutup Joseph. (*humas)

Last Update : 25 September 2021