UDINUS, RAIH MEDALI PERAK DI PIMNAS 28


Euphoria kebahagiaan masih terasa melekat di keluarga besar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), sejak Jumat (9/10) lalu. Tim Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Udinus meraih medali perak untuk kategori presentasi PKM Gagasan Tertulis (GT).  “Satu lagi prestasi yang dapat diraih oleh Udinus. Bahkan Udinus menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Jawa Tengah yang meraih medali di PKM-GT ini,” tandas Dr. Kusni Ingsih selaku Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Mereka adalah mahasiswa Fakultas Teknik Udinus,  Waluyo Nugroho (Teknik Elektro 2014), Filmada Ocky Saputra (Teknik Elektro 2012), dan Happy Rizky  Novi Utami (Teknik Industri 2014) yang berhasil membawa PKM GT mereka ke Pekan Ilmiah Mahasiswa nasional (PIMNAS) ke-28 di Kendari. Dibawa bimbingan dosen Sari Ayu Wulandari, ST., M.Eng dan mengangkat tentang tema Electronic of Mitigation System (EMITI), mereka bertiga berhasil mengalahkan ribuan proposal dari mahasiswa seluruh Indonesia, 20 besar pesaing dari berbagai universitas ternama seperti UI, ITS, Undip, Unibraw, dll.

“PKM GT kami tercetus karena kondisi saat ini, begitu banyak kecelakaan pesawat yang terjadi di laut daripada daratan. Korban yang meninggal pun lebih banyak yang dilaut, padahal seharusnya sebaliknya. Ini disebabkan karena lamanya proses pencarian pesawat, yang menurut data basarnas berlangsung paling cepat selama 3 hari,” ungkap Waluyo menjelaskan konsep PKM-GT yang mereka buat.

Dengan EMITI, dan berbagai peralatan tambahan di setiap maskapai pesawat yang sudah disetting, proses deteksi pesawat yang biasanya membutuhkan waktu lama, dapat direduksi hingga 9 jam sesuai daya tahan hidup manusia di permukaan laut. “Kami pun ingin agar PKM-GT ini tidak hanya menjadi gagasan saja, tapi dapat dikembangkan menjadi penelitian dan didanai oleh pihak ketiga,” papar Waluyo. (*humas)

Last Update : 25 September 2021