DKV UDINUS RAMAIKAN #INKTOBER LEWAT OUTDOOR CLASS


Pada umumnya, kegiatan perkuliahan selalu diadakan di dalam kelas atau ruangan. Namun untuk mata kuliah tertentu hal tersebut akan terasa membosankan bagi mahasiswa. Kondisi itu nampaknya ditangkap menjadi inovasi pembelajaran di luar ruangan oleh Godham Eko Saputro, S.Sn., M.DS., dosen program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

 

Baru-baru ini, memanfaatkan momentum #InkTober, sebuah challenge menggambar menggunakan tinta yang populer di media sosial usai diperkenalkan oleh Jake Parker pada 2009 silam. Godham pun mengajak puluhan mahasiswanya yang berasal dari tiga kelas berbeda untuk ikut memeriahkan momentum tersebut. Kegiatan yang dilakukan adalah memindahkan perkuliahan untuk mata kuliah sketsa di halaman gedung H Udinus. Mereka terlebih dahulu mendapat pengarahan tentang kuliah outdoor yang dilaksanakan pada Selasa (6/10) pagi. Mahasiswa diberi kebebasan untuk menggambar objek yang ada di lingkungan kampus, seperti gedung, masjid, dan lain-lain.

 

Pada dasarnya, di mata kuliah sketsa ini mahasiswa bisa memperoleh referensi baik dari buku maupun internet. Akan tetapi permasalahan yang sering timbul adalah ketika mahasiswa dihadapkan pada sebuah objek di lapangan. “Kebanyakan mahasiswa, seniman, desainer sering kesulitan menggambar ketika dihadapkan pada objek. Ini karena mereka hanya terpaku pada referensi yang ada di buku dan internet tanpa mencoba menggambar objek secara langsung”, ujar Godham.

Gambar yang dihasilkan menjadi kurang bagus karena mereka belum terbiasa untuk mendapatkan angle, perspektif, dan proporsi objek yang bagus untuk menggambar. “Perlu digalakkan kegiatan seperti ini untuk membiasakan diri menggambar dengan cepat”, tambahnya.

 

Manfaat dari outdoor class ini ternyata juga dirasakan oleh salah satu mahasiswi yang mengikuti. Chandra Fauziah mengungkapkan kelas sketsa di luar ruangan ini bisa membuat ia dan rekan-rekannya untuk belajar menggambar sketsa seperti objek aslinya. Ia juga merasa lebih santai belajar di luar ruangan seperti ini daripada di kelas terus menerus. “Enjoy sih, bosen juga kalau di kelas terus. Kita anak-anak DKV juga bisa belajar membuat sketsa biar kelihatan nyata kaya aslinya”, tutur mahasiswi semester 1 ini.

 

Guna mengakomodir hasil karya dari mahasiswanya, Godham memanfaatkan media sosial untuk melakukan penilaian. Mahasiswa nantinya diminta untuk meng-upload karyanya ke instagram dengan tanda pagar InkTober, dkv dan udinus. Penggunaan kedua tanda pagar tersebut dimaksudkan agar karya mahasiswa DKV Udinus dapat dikenal oleh dunia. (*humas)

 

Last Update : 25 September 2021