TUJUH MAHASISWA PROGDI JEPANG UDINUS RAIH JUARA TINGKAT JATENG -DIY


Sebanyak tujuh mahasiswa Program Studi (Progdi) Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berhasil meraih piala pada lomba yang diadakan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) di Jogja, 27 September 2015. Mereka terbagi menjadi tiga kategori lomba, yakni pidato bahasa Jepang, menulis karakter menggunakan huruf Jepang (Kanji), dan Story Telling.

Meskipun tidak semua dari mereka memiliki pengalaman mengikuti lomba sejenis sebelumnya, namun hasil yang diperoleh patut diapresiasi. Hampir semua kategori dikuasai oleh kontingen dari Udinus ini. Pada kategori kanji, Fitradessy Herza Deandra, Ilham Doni Prakoso, dan Kurnia Fauzan, secara berurutan menyabet juara 1, 2, dan 3. Sedangkan pada kategori Story Telling, Firda Ayu Fuadillah dan Ariska Andrilia Saputri berhasil memperoleh juara 1 dan 2. Dan di kategori pidato, dua mahasiswa Udinus yakni Bethalica Widyanti R.R dan B. Robby Adhi Rahardjo menduduki peringkat 2 dan 3.

 

Fitradessy Herza Deandra, atau yang akrab disapa Dea menuturkan kategori kanji memiliki kesulitan tersendiri. Tebal tipis tulisan dan proporsi dengan lembar kertas yang dijadikan media untuk menulis menjadi salah satu poin penlilaian tertinggi dari juri. Meskipun demikian, mahasiswi semester tiga ini berhasil menyabet juara 1. “Semuanya  berkat persiapan latihan menulis kanji yang saya lakukan dengan dibantu oleh dosen pembimbing,” ujar Dea.

Tidak jauh berbeda dengan Dea, Firda Ayu Fuadillah yang berhasil meyabet juara 1 kategori story telling ini juga menghadapi tantangan di kategorinya. “Naskah yang akan diceritakan baru ditentukan oleh panitia beberapa saat sebelum lomba dimulai. Peserta hanya memiliki waktu 5 menit untuk membaca naskah dan kemudian menceritakannya di hadapan juri dan audiences,” tutur Firda .

Prestasi yang ditorehkan oleh para mahasiswa Progdi Jepang FIB Udinus ini diharapkan dapat memantik semangat dari mahasiswa lain untuk terus berprestasi. “Sehingga nama baik Progdi Jepang udinus bisa lebih terangkat dan dikenal oleh masyarakat,” tutup Bayu Aryanto, SS., M.Hum selaku Kaprogdi Jepang FIB Udinus. (*humas)

Last Update : 16 Juni 2021