TEKNIK INDUSTRI UDINUS BEKALI MAHASISWA TINGKAT AKHIR


Mempersiapkan lulusan yang berkualitas, tidak hanya dibekali dengan keunggulan akademik. Namun juga bekal dari sisi soft skill, agar nantinya kuat dan mampu menghadapi dunia kerja. Mahasiswa yang lulus, tidak hanya memegang ijazah dan mencari-cari lowongan pekerjaan yang ada. Tapi lebih selektif memilih posisi pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan.

“Biasanya fresh graduate, akan memilih lowongan pekerjaan yang banyak diminati oleh pencari kerja yang lain. Misalnya di perusahaan perbankan, ataupun posisi-posisi seperti customer service. Namun tanpa dibekali pengetahuan tentang bagaimana cara membawa diri saat melamar pekerjaan, para fresh graduate ini akan gagal saat melamar pekerjaan,” papar Didit Kurniawan, S.Psi selaku Recruitment & People Development Section Head Department Nasmoco Group

Hal ini disampaikan Didit saat memberikan pembekalan masuk dunia kerja. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan mahasiswa semester 7 Teknik Industri yang mengambil mata kuliah Bimbingan Karir di Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada Sabtu (26/9) lalu.

Banyak hal yang harus dipelajari oleh para calon fresh graduate ini. Mulai dari mengenali potensi diri hingga mengenali jenis pekerjaan yang diinginkan. “Potensi diri terdiri dari apa saja disiplin ilmu yang dipelajari, apakah ingin menjadi generalist atau specialist, hingga mengenali minta bakat serta kemampuan diri sendiri. Seharusnya, potensi diri dapat dikenali sejak dini, saat mulai memasuki bangku perkuliahan,” tambah Didit.

Kegiatan Bimbingan Karir ini diharapkan banyak memberi pandangan luas terhadap mahasiswa yang akan  segera lulus. “Program studi Teknik Industri FT Udinus memang sering mengadakan kegiatan serupa, dan kami mendatangkan langsung para personalia di beberapa perusahaan besar untuk memberikan masukan. Bahkan mahasiswa banyak yang bertanya tips-tips untuk dapat mendapatkan perusahaan yang telah diincarnya sejak lama,” tandas Dewi Agustini, M.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah Bimbingan Karir, sekaligus Kepala Udinus Career Center. (*humas) 

Last Update : 19 September 2021