LP2M UDINUS ADAKAN PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH NASIONAL


Prestasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dalam bidang ilmiah dalam kurun waktu tiga tahun terakhir memang mengalami kemajuan. Beberapa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dibuat oleh mahasiswa mampu menembus Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) yang terakhir diselenggarakan pada 2014 lalu. Hal tersebut yang kemudian menjadi salah satu latar belakang diadakannya Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Udinus.

 

Kegiatan pelatihan yang diadakan di Patra Convention Hotel beberapa waktu yang lalu (10-12/9), diikuti oleh puluhan peserta yamg datang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selama tiga hari, peserta akan dibekali ilmu yang berkaitan tentang penulisan artikel ilmiah. Salah satu pemateri dalam pelatihan yang juga bekerjasama dengan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat kemenristek Dikti ini adalah Prof. Mien Achmad Rifa’i. Selain itu wawasan tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI) juga menjadi materi dalam pelatihan itu.

 

Wawasan tentang HKI memang menjadi poin yang dititikberatkan dalam pelatihan tersebut. Peserta diharapkan tidak hanya dapat membuat sebuah karya yang bermanfaat bagi masyarakat, namun juga dapat memperoleh hak cipta atas karya yang diciptakan. “HKI untuk membuka wawasan peserta untuk mematenkan karya dengan hak cipta”, ujar Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto, selaku kepala LP2M Udinus. Hak cipta yang diperoleh oleh peneliti atau pencipta nantinya juga dapat menarik investor untuk pengembangan karya yang telah dihasilkan. “Sehingga suatu karya tidak terlalu sulit untuk dikomersilkan karena sudah memiliki hak cipta,” tambah Vincent.

Melalui kegiatan pelatihan ini, Vincent berharap prestasi Udinus yang cemerlang  di bidang ilmiah selama tiga tahun terakhir dapat terus meningkat. (*humas) 

Last Update : 26 September 2021