UDINUS TINGKATKAN MUTU PENGAJARAN DENGAN APPLIED APPROACH


Memperoleh predikat terbaik memang mudah, namun yang paling sulit adalah mempertahankannya. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk terus menjaga predikat terbaik, terlebih untuk institusi yang telah dipercaya masyarakat. Untuk terus meningkatkan mutu pengajaran, Universitas Dian Nuswantoro menyelenggarakan pelatihan Applied Approach (AA) baru-baru ini (24-27/8). Pelatihan yang ditujukan untuk dosen-dosen seluruh fakultas ini, bertujuan meningkatkan mutu pengajaran dan membantu proses penyusunan kurikulum.

Pelatihan dengan 50 peserta yang berasal dari dosen-dosen Udinus, mengundang pihak Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah VI Prof. Dr DYP Sugiharto, M.Pd, Kons sebagai pembicara. Selain itu ada juga Prof. Dr. Sunandar, M.Pd., Dra. Peni Pujiastuti, M.Si , Sunardi, SS., M.Pd., dan Dr. Katharina Ruspita, M.Pd. Setiap peserta wajib membuat dan mengumpulkan produk sesuai dengan mata ajar pelatihan antara lain : Rekonstruksi mata kuliah, Kontrak perkuliahan, Bahan ajar, Alternatif/ Authentic Assesment, Evaluasi proses pembelajaran & program pendidikan, Penelitian tindakan kelas, Interaktif Multi Media Instruksional (IMMI), Rekonstruksi & Pengembangan kurikulum, serta Penerapan konstruktive dalam pembelajaran. “Semoga semangat peserta selama empat hari berturut-turut ini dalam meberika efek positif terhadap pengajaran di Udinus nantinya, selain itu banyak juga manfaat yang dapat diambil dari pelatihan AA ini,” tutur  Dr. Katharina Ruspita, M.Pd sebagai salah satu pengisi materi konsep dasar pengembangan kurikulum.

Sementara itu Ketua Panitia pelatihan ini Adi Prihandono, M.Kom mengungkapkan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar di Udinus. “Supaya nantinya suasana di kelas kondusif dan tidak monoton. Selain itu bisa juga membantu dosen yang sedang meramu penyusunan kurikulum” papar Adi. (*humas)

Last Update : 19 September 2021