FEB UDINUS TUAN RUMAH LKS AKUNTANSI SMK SE-KOTA SEMARANG


Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah dalam Lomba Ketrampilan Siswa Akuntansi SMK Se-Kota Semarang pada tahun 2015 ini. Lomba yang merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Tim MGMP Kota Semarang.

“Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) sendiri merupakan suatu program musyawarah tahunan dari guru mata pelajaran Akuntansi, yang tujuannya mencari bibit-bibit unggul yang mempunyai kemampuan lebih dibidang Akuntansi,” jelas Natalistyo TAH, SE., M.Si., Ak., CA, salah satu panitia yang merangkap sebagai juri LKS.

 

LKS diadakan selama 2 hari, pada hari pertama, peserta dan guru pendamping menghadiri Technical Meeting untuk diberi penjelasan mengenai LKS. Peserta kemudian mengikuti lomba sesi pertama, yaitu Teori Akuntansi dan Akuntansi Manual di Laboratorium Manajemen. Adapun materi yang dilombakan meliputi perusahaan dagang satu siklus. Mulai dari menganalisis bukti transaksi hingga membuat jurnal pembalik, sehingga nantinya siklus tersebut dapat berjalan kembali pada periode berikutnya. Selama proses lomba berlangsung para guru pendamping diberikan satu sesi seminar yang disampaikan oleh Dr. Nila Tristiarini, SE., M.Si. Dilanjutkan menuju laboratorium Pasar Modal yang berada di Gedung C Lantai 2 Udinus, untuk diberikan demo mengenai trading saham secara real-time. Sedangkan di hari kedua, sesi lomba berikutnya adalah Komputerisasi Akuntansi dan Presentation In English di Laboratorium Komputer di Gedung D lantai 2.

 

Total keseluruhan peserta yang mengikuti adalah 19 orang, dimana satu sekolah diperkenankan mengirimkan 1 delegasi. Berdasarkan penilaian akumulatif lembar kerja peserta yang telah megikuti serangkaian lomba, berikut pemenang dari LKS Akuntansi  SMK Se-Kota Semarang:

Juara 1 : Riska Indah Safitri dari SMK Negeri 2 Semarang,

Juara 2 : Ruqoiyah Putri Wulandari dari SMK Hidayah Semarang,

Juara 3 Devina Donna dari SMK PL Tarcisius 1 Semarang.

Ditahap selanjutnya para peserta tersebut berhak untuk diajukan sebagai wakil Kota Semarang yang akan mengikuti lomba ditingkat Provinsi oleh MGMP Kota Semarang. (*humas)

Last Update : 15 Juni 2021