ADAKAN PELATIHAN PKM, UDINUS BERKOMITMEN TINGKATKAN PRESTASI PENALARAN


Seiring perkembangan zaman dan teknologi, kreatifitas mahasiswa juga terus berkembang. Hal itulah yang lantas membuat mahasiswa memperoleh julukan sebagai agen perubahan. Tidak sedikit karya hasil kreatifitas mahasiswa yang kemudian dimanfaatkan baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Salah satu media untuk menyalurkan kreatifitas itu adalah Program Kreatifitas Mahasisa (PKM).

 

Selasa (11/8), lebih dari dua ratus mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) nampak memadati aula gedung E yang menjadi tempat diselenggarakannya Pelatihan PKM. Komitmen UDINUS dalam meningkatkan prestasi mahasiswa di bidang penalaran menjadi alasan kuat untuk menyelenggaraka pelatihan. Seperti diketahui, beberapa tahun terakhir UDINUS sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah berhasil menembus Pekan Imiah Mahasiswa Nasional melalui PKM yang dibuat oleh mahasiswa. Tommy Yunawan, S.Pd., M.Hum., yang menjadi pembicara mengungkapkan kunci dari kesuksesan mahasiswa pada PKM. “Kreatifitas mahasiswa ketika membuat PKM itu sangat penting, karena bekal awal untuk membuat PKM adalah kreatifitas. Selain itu peran dosen pembimbing juga diperlukan untuk terus menggali dan mengembangkan kreatifitas mahasiswa,” ujar Tommy.

 

Sambutan positif datang dari mahasiswa yang mengikuti pelatihan. Kegiatan pelatihan seperti ini dapat memberikan motivasi pada mahasiswa untuk membuat PKM. Selain itu, kemampuan pembicara dalam menyampaikan materi juga mendapat apresiasi. Seperti diketahui, Tommy Yunawan, S.Pd., M.Hum., yang memberikan materi pada pelatihan merupakan salah satu juri pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. “Pelatihannya bagus, kita jadi termotivasi untuk membuat PKM. Yang tadinya punya ide tapi bingung merealisasikannya, sekarang jadi pengen membuat PKM dari ide yang udah ada.”, ujar Marsela Subiarti, mahasiswa Manajemen angkatan 2013.

 

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan melalui Kepala Biro Kemahasiswaan, Rindra Yusianto, S.Kom., M.T. selaku penyelenggara mengapresiasi antusiasme peran aktif mahasiswa dalam kegiatan pelatihan PKM ini. “Kami berharap akan semakin banyak mahasiswa yang berminat untuk membuat PKM. Selain dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, PKM yang dibuat juga diharapkan dapat mengangkat prestasi Udinus,” tandas Rindra. (*humas)

Last Update : 25 September 2021