GOLD MEDAL DARI PSM GITA DIAN NUSWA UDINUS


 

Sukses meraih medali perak pada Bali International Choir Festival (BICF) 2014 lalu, di tahun ini Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Dian Nuswa milik Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) berhasil meraih medali emas. Pengalaman di kejuaraan  serupa memberikan pelajaran bagi para personil Gita Dian Nuswa untuk berlatih lebih giat sehingga bisa meraih hasil yang lebih baik dari tahun lalu. “Kami memang selalu mendorong mahasiswa untuk berprestasi dalam setiap kejuaraan. Hal ini bertujuan agar tingkat percaya diri makin bertambah pada kejuaraan-kejuaraan selanjutnya,” tandas pembimbing PSM Gita Dian Nuswa Bambang Minarso, SE., M.Si,Ak.

 

Dalam festival yang diselenggarakan di Denpasar pada 29 Juli hingga 2 Agustus 2015 itu, Gita Dian Nuswa yang masuk dalam kategori folklore berhasil menyisihkan 15 peserta lainnya dari berbagai negara, diantaranya adalah Filipina dan Malaysia. Gita Dian Nuswa yang merupakan salah satu UKM di UDINUS membawakan dua buah lagu daerah yakni “Karaben Sape” dan “Ugo-ugo”. “Meskipun dari segi vokal hampir semua peserta memiliki kualitas yang sepadan, namun penghayatan dari lagu yang dibawakan menjadi nilai lebih bagi peserta,” jelas Atika Mutiarachim selaku ketua PSM Gita Dian Nuswa. Hal inilah yang menjadi kunci kemenangan Gita Dian Nuswa dalam meraih emas.

 

Perolehan berupa medali emas pada BICF 2015 ini merupakan hasil dari latihan 34 personil selama kurang lebih 5 bulan sejak Maret hingga Juli 2015. Tidak hanya itu, Gita Dian Nuswa ini juga sempat menyelenggarakan konser pre competition untuk memantapkan persiapan mereka sebelum mengikuti BICF 2015. Bebekal pengalaman dan prestasi yang diraih di BICF selama dua kali keikutsertaan, Gita Dian Nuswa berencana mengadakan lomba paduan suara guna lebih mengenalkan PSM milik UDINUS ke dunia luar. “Target tahun depan ingin mengadakan lomba sekaligus mempromosikan Gita Dian Nuswa dan UDINUS”, pungkas Atika. (*humas)

Last Update : 14 Juni 2021