ROOFTOP DRAWING CLASS MILIK DKV UDINUS


Kegiatan perkuliahan di sebagian besar kampus selalu memanfaatkan sebuah ruangan untuk dijadikan kelas. Akan tetapi yang terjadi di Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ini sedikit berbeda. Memanfaatkan rooftop yang dijadikan taman di gedung H Udinus, beberapa mahasiswa terlihat asik menggambar di atas media kanvas. Aktivitas tersebut merupakan Rooftop Drawing Class, salah satu inovasi yang dari Godham Eko Saputro, dosen mata kuliah menggambar DKV Udinus.

 

Outdoor class bukanlah hal baru bagi, beberapa mata kuliah memang sengaja dilaksanakan di luar ruangan guna memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk berkarya. Nampaknya Outdoor Class ini mendapat respon yang baik,  hal itu terlihat ketika pelaksanaan Rootftop Drawing Class pertama pada Kamis (2/7) lalu. Sebanyak sembilan mahasiswa pilihan yang mengikuti kelas tersebut terlihat antusias menggambar dengan bimbingan dan arahan Godham Eko Saputro, M.Ds selaku dosen pengampu. Tak hanya itu, respon positif datang dari beberapa mahasiswa non DKV dan alumni yang memiliki hobi corat coret. Mayoritas dari mereka berharap agar Rooftop Drawing Class ini diadakan lagi dan melibatkan mahasiswa selain dari prodi DKV untuk daapat mengikutinya.

 

Manfaatkan Fasilitas

Seperti diketahui, selama ini taman yang berada di lantai 3 gedung H Udinus tersebut memang belum dimanfaatkan secara oleh kalangan civitas akademika. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Outdoor Class dilaksanakan di tempat tersebut. “Kami manfaatkan momentum taman di lantai 3 yang sudah bagus, pemandangannya enak, dan suasana tenang. Intinya mahasiswa enjoy” ujar Godham.

 

Selanjutnya, ke depan ada kemungkinan bahwa kelas tersebut akan menjadi rutinitas yang dilaksanakan setiap satu semester dua kali. Ia berharap Rooftop Drawing Class ini bisa memfasilitasi hobi baik bagi mahasiswa DKV, non DKV, dan alumni Udinus yang memang antusias terhadap kelas tersebut. (*humas)

Last Update : 25 September 2021