FEB UDINUS GELAR UJIAN CPA PROGRAM


Untuk mendapatkan ijin menjadi akuntan public memang tidak mudah. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi agar permohonan untuk menjadi akuntan publik dapat segera diluluskan. Salah satunya adalah harus lulus ujian profesi yang dinamakan Ujian Sertifikasi Akuntan Publik, yang nantinya akan diperoleh sebutan Certified Public Accountant (CPA).

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang ditunjuk oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) sebagai lembaga yang berhak menyelenggarakan ujian CPA ini baru saja menggelar ujian CPA Program, pada Senin-Selasa (22-23/6). “Keberadaan CPA Test Center di FEB Udinus ini memang menjadi tempat pusat tes pertama di Jawa Tengah, sehingga kami bangga menjadi perguruan tinggi pertama di Jawa tengah yang ditunjuk oleh IAPI untuk menyelenggarakan ujian CPA Program hari ini,” ungkap Yulita Setiawanta., SE., M.Si., Ak., CA selaku Kaprogdi FEB Udinus.

Sebanyak 24 peserta yang mengikuti ujian CPA Program ini berasala dari intern dan luar Udinus. Ujian CPA Program yang dilangsungkan secara daring ini, dikhususkan pada mereka yang telah lulus S1, S2, dan S3 jurusan akuntansi, yang ingin berprofesi sebagai akuntan publik.

 

Adapun 4 materi ujian CPA Program kali ini adalah Auditing and Assurance, Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Akuntansi Manajemen dan Sistem Informasi, serta Lingkungan Bisnis dan Hukum Perpajakan.

Pada setiap sesi ujiannya, hanya diikuti oleh 6 orang peserta ujian. Sehingga selama dua hari, diselenggarakan 4 sesi secara daring. “Harapannya tentu saja, bagi para akuntan public tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta mengikuti ujian-ujian serupa. Namun FEB Udinus mempermudah pelaksanaannya, hanya dengan datang ke CPA Test Center, di Jl. Nakula 1 No.5-11 Gedung C Lantai 3 Udinus,” tandas Yulita. (*humas)

 

Last Update : 13 Juni 2021