KAMIS BESOK UMBPTS DIUMUMKAN


Mendapatkan lulusan yang berkualitas dan dapat menjawab permintaan pasar, tidak hanya didukung oleh pembekalan secara akademis dan softskill saat di bangku perkuliahan, namun juga didapat dari input saat penerimaan mahasiswa baru dimulai.
Strategi inilah yang berusaha dilancarkan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang dalam memenuhi standar kualitas lulusan yang maksimal. Minggu (26/4) dilaksanakan Ujian Masuk Bersama Peguruan Tinggi Swasta (UMBPTS) yang diikuti oleh 253 peserta di laboratorium komputer Gedung D lantai 2 Udinus.

"Ini adalah tahun keempat Udinus mengadakan UMBPTS ini. Dari tahun ke tahun, jumlah peserta semakin bertambah. Ini menjadi indikator bahwa Udinus semakin diminati oleh lulusan sekolah menengah dan sederajat," tandas Andi Hallang Lewa,MM selaku Kabiro Admisi Udinus.
UMBPTS ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Nusantara yang beranggotakan 10 Universitas Swasta ternama di seluruh Indonesia, diantaranya Udinus, Universitas Trisakti, Universitas Bakrie, Unika Parahyangan Bandung, Universitas Gunadarma, Sampoerna University, dll.
Dalam setahun UMBPTS ini dilaksanakan selama 3 kali, dan Udinus menjadi satu-satunya PTS di Jawa Tengah yang menjadi penyelenggaranya.
"Ujiannya dilaksanakan serentak dan online di seluruh Indonesia. Ujian yang dilaksanakan hari ini, akan diumumkan pada hari Kamis (30/4) pukul 18 WIB. Peserta dapat mengeceknya di web www.dinus.ac.id atau www.spmb.or.id," tambah Andi.

Adapun materi ujian untuk IPA adalah matematika, fisika, kimia, dan biologi. Sedangkan untuk IPS adalah ekonomi, geografi, sejarah, dan sosiologi. Salah satu peserta yang berasal dari Timor Leste yaitu Gracia Fernandes mengungkapkan antusiasmenya dalam mengikuti UMBPTS yang diselenggarakan oleh Udinus ini. "Meskipun ada kendala bahasa, karena di negara kami menggunakan bahasa Portugis, saya sangat optimis bisa masuk ke Udinus, sebagai pilihan pertama dalam tes ini. Persiapan saya juga sudah maksimal, semoga hasilnya tidak mengecewakan," tandas Gracia.(humas)

Last Update : 13 Juni 2021