UDINUS SUKSES GELAR LOMBA MADING DIGITAL


Keberadaan majalah dinding (mading) di setiap sudut sekolah, kini nampaknya makin aus tertelan percepatan dunia teknologi. Selain itu pemanfaatan kertas yang makin dikurangi penggunaannya demi menjaga penghijauan bumi, juga menjadi isu yang makin marak diangkat. Untuk itu Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mencoba menghidupkan kembali keberadaan mading, dengan membuat terobosan baru, yakni mading digital. Dan mengimplementasikannya dalam pelaksanaa lomba mading digital untuk SMA/SMK se-Jawa Tengah, dimana final lomba tersebut diselenggarakan pada Selasa (21/4)  di aula Udinus Gedung E lantai 3 Semarang.Dalam pembukaannya, Wakil Rektor 2 Udinus Dr. St. Dwiarso Utomo, SE., M.Kom, Akt, CA menyampaikan bahwa saat ini keberadaan teknologi informasi sudah memasuki segala bidang, termasuk salah satunya majalah dinding, jika mading ini dapat dihidupkan kembali maka mading digital adalah sarana yang tepat.

Peserta yang mencapai 40 tim dari sekolah di seluruh Jawa Tengah, diantaranya Semarang, Demak, Kendal, Salatiga, Slawi, dll ini juga turut diapresiasi. “ Semoga peserta yang hadir di final lomba mading digital ini juga mengenal Udinus lebih dekat. Terlebih yang terkait dengan perkuliahan di Udinus ini juga menggunakan basis teknologi informasi di semua program studi Udinus,” tambah Dwiarso.

Acungan jempol juga diberikan oleh Kepala BPTIKP Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah, Dr. Jasman Indradno, M.Si. “Majalah dinding ini harus ditumbuhkan lagi di kalangan remaja. Jika tidak dibantu dengan konsep digital, negara kita akan tertinggal, terlebih konsepnya untuk mengurangi penggunaan kertas. Dan sudah sangat tepat jika Udinus menyelenggarakan kegiatan ini, karena Udinus memang terdepan dalam bidang IT di Jawa Tengah,” ungkap Jasman dalam sambutannya.

Roadshow mading digital ini sudah berlangsung sejak November 2014 hingga Maret 2015, dan final yang dilaksanakan ini adalah untuk melakukan penilaian peserta lomba. Adapun poin penilaian didasarkan pada desain, kesesuaian tema, isi mading, dan kreativitas. Mengambil tema “Go Green with Pink Style”, semua karya peserta dapat dilihat di website http://madingku.net.

Dinobatkan sebagai juara pertama Risang Pratama dan Ricki Hermawan dari SMKN 3 Kendal, Tasrifin dan Lukman Haryanto dari SMKN 2 Temanggung sebagai juara kedua, serta juara ketiga diraih oleh Gebyar Ahmadeanerza dan Dede Ayu Andika dari SMAN 1 Slawi. Pemenang mendapatkan hadiah uang pembinaan, bebas USPI dari Udinus, serta tablet speedup dari Udinus.(humas)

Last Update : 15 Juni 2021