UDINUS-BKLN GELAR OUTBOUND MAHASISWA


Setelah pada hari Selasa (14/5) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sukses menggelar seminar Character Building, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pembekalan karakter dalam bentuk outbound yang diselenggarakan di Kampoeng Kopi Banaran Salatiga pada Rabu (15/4). Udinus yang ditunjuk oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud RI, mengajak 150 orang peserta yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa unggulan dari Udinus, Undip, dan Unika untuk lebih melatih karakter serta jiwa kepemimpinan mereka.
“Kegiatan untuk para mahasiswa penerima beasiswa unggulan ini memang diadakan dalam 2 tahap, seminar dan outbound. Untuk outbound hari ini memang kami ingin menjadikannya suka cita, baik untuk panitia maupun peserta,” papar Musa Yosef, Koordinator Beasiswa Unggulan BPKLN Kemendikbud RI.

Kegiatan outbound ini untuk lebih mendekatkan mahasiswa beasiswa unggulan secara personal. Agar mahasiswa beasiswa unggulan ini menjadi pribadi unggulan yang memiliki kemampuan intelektual, soft skill, dan attitude (sikap) yang benar-benar unggul. Lebih peduli akan lingkungan dan keadaan sosial, sehingga nantinya dapat membentuk koloni yang kompak. Efeknya akan muncul generasi unggulan, yang memberikan suport pada pemerintah dengan kreatifitas dan teamwork yang baik. “Pendapatan per kapita yang semakin naik, dengan diiringi kemunculan mahasiswa yang kreatif, akan menciptakan networking yang luas. Ini akan berakibat pada output yang baik dan maksimal,” tambah Yosef. Hal ini diamini oleh peserta outbound dari Udinus dan Unika, yakni Fitria Wulandari dan Leocadia Desy. “Pembekalan Character Building dalam bentuk outbound ini menjadi lebih nyata efeknya bagi kami. Dari acara hari ini, kami mendapatkan kebersamaan, kekompakan, teman baru, dan mencoba hal baru,” kata Fitria. Peserta menjalani berbagai games yang dapat memupuk karakter mereka, yang dibagi dalam beberapa posko. Diantaranya Urai Benang, Pindahkan Air, Kotak Makanan, Game Tongkat, dan Holahop Bola. Dari pengarah outbound, peserta diharapkan menucapkan “tolong” setiap meminta bantuan kepada sesama peserta, maupun panitia. Selain itu juga mengucapkan “terima kasih” setiap selesai mengerjakan sesuatu bersama-sama. Diberlakukan juga penghargaan dan hukuman (rewards and punishment) bagi mereka yang memenangkan games maupun melakukan kesalahan di setiap poskonya.
"Kami bangga dipercaya menjadi penyelenggara Character Building untuk penerima beasiswa unggulan se-Jateng oleh BPKLN Kemendikbud RI ini. Harapannya tentu saja terjalin kerjasama yang bagus antara Udinus dan pihak BPKLN, tidak hanya se-Jateng namun juga se-Indonesia," ujar Dr. Kusni Ingsih selaku Pengelola Beasiswa Unggulan Udinus. Lebih jauh, Kusni Ingsih menambahkan, semoga para penerima beasiswa unggulan ini lebih fokus belajar keras, sekaligus loyal pada negara mengingat pendidikan mereka dibiayai oleh negara.(humas)

Last Update : 15 Juni 2021