ADA DAI MUDA DI ISLAMIC FAIR UDINUS


Gelaran Islamic Fair yang diadakan oleh Badan Amalan Islam (BAI ) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada (11-15/3) ini diawali dengan serangkaian lomba. Pada Rabu (11/3) lomba-lomba yang digelar adalah Lomba Da’I, Nasyid, dan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ).
Pesertanya yang berasal dari berbagai kota, diantaranya Semarang, Demak, Kendal dan Solo nampaknya cukup membuat kampus yang berada di jalan Nakula 1 No. 5-11 Semarang ini riuh redam. Mulai dari pesertanya sendiri hingga pendukung peserta dari masing-masing sekolah ikut mewarnai hingar binger lomba.
“Islamic Fair ini memang diadakan untuk mengenalkan kehidupan Islami di lingkungan Udinus, sekaligus untuk mengajak siswa SMA/SMK se-derajat mengenal Udinus lebih dekat,” papar Said, ketua Panitia Islamic Fair Udinus.
Peserta lomba Da’I yang terdiri dari 19 orang bergantian unjuk kebolehan dalam memaparkan materi dakwah di hadapan 2 dewan juri. “Tema keseluruhan acara ini adalah Membangun Generasi Islami Cerdas dan Mandiri. Dan kami harap, nantinya kami juga dapat menjaring kader-kader penerus BAI Udinus melalui program perekrutan,” tambah Said.
Salah satu peserta lomba Da’i yang datang dari Kendal adalah Siti Nurhaliza, perwakilan SMK Negeri 1 Kendal. “Untuk menyiapkan materi, mengembangkan teks, dan mengatur intonasi, saya membutuhkan waktu seminggu. Tentunya dengan pendampingan dari guru pembimbing di sekolah,” ujarnya.
Dalm penjurian lomba Da’i ini, lebih ditekankan pada penilaian materi, interaksi dengan penonton, serta penguasana panggung. Pemenang untuk lomba Da’i  diantaranya: Juara 1 Safira Yulia Rizqi dari SMAN 11 Semarang, disusul Ilma Fuadah dan Khilda Auhiyal Maula dari SMA Ki Ageng Giri Demak di posisi ke-2 dan 3. Pemenang lomba Nasyid juara 1 hingga ke-3 dimenangkan oleh Ashab Nasyid, Gembus Nasyid dan Semanggi Nasyid. Sedangkan untuk lomba MTQ, juara 1 diraih oleh Kuliya Azzu R.F dari SMKN 9 Semarang, disusul Rina K dari SMAN 16 Semarang, dan Yudhistira R dari SMA Muhammadiyah Kendal.
Untuk hari Kamis (12/3) akan digelar lomba Rebana, Jumat (13/3) diramaikan oleh Konser Amal untuk Bumi Syam. Pada hari Minggu (15/3) rangkaian Islamic Fair ditutup dengan Seminar Nasional bersama pembicara Mas Mono pemilik Ayam Bakar Mas Mono dan Rektor Udinus Dr. Ir. Edi Noersasongko.(humas)

Last Update : 14 Juni 2021