"SCIENTIFIC OUTBOND CLASS" UDINUS-SINGAPURA


Mempelajari kebudayaan asing tentunya akan lebih nyata jika berinteraksi langsung dengan native speaker yang sehari-hari menggunakannya sebagai bahasa ibu. Untuk itulah, program studi Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro menyelenggarakan kegiatan Outbond Class ke Singapura pada akhir pekan lalu (6-8/2). Kegiatan Outbond Class ini dilakukan untuk melengkapi untuk mata kuliah Cross Cultural Understanding (CCU).
Sebanyak 12 mahasiswa semester 4 yang mengikuti Outbond Class di Singapura ini mengunjungi beberapa tempat seperti Museum Nasional Singapura, Little India, Merlion Park, Marina Bay, Gardens by the bay, Sentosa Island dan Mustafa Centre.
“Kegiatan outbond class ini merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan kemauan dan kemampuan berbahasa Inggris untuk mahasiswa kami,” ujar Dr. Jumanto selaku ketua Program Studi Inggris FIB Udinus.
Mahasiswa yang mengikuti outbond class ini merupakan kegiatan yang regular di FIB Udinus, setelah sebelumnya dilakukan kegiatan yang sama pada Juni 2014 lalu. “ Di Singapura mahasiswa  dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan orang-orang dari berbagai latar belakang budaya,” tandas Neni Kurniawati, M.Hum yang merupakan pengampu mata kuliah CCU sekaligus pendamping pada outbond class tersebut.
Tidak hanya berkunjung ke beberapa tempat di Singapura, mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini juga berinteraksi langsung dengan orang-orang di Singapura. “Keberagaman penggunaan bahasa inggris di Singapura, akan semakin membuat mahasiswa memahami berbagai culture yang berkembang di negara tetangga,” tambah Neni.

Sebagai salah satu bentuk implementasi langsung pada kegiatan perkuliahan, kegiatan ini mendapat apresiasi dan dukungan oleh para mahasiswa. “Kami diajak untuk berpraktek langsung, dan menemui mereka dari berbagai kultur budaya. Inilah yang menjadi nilai plus, kami tidak hanya belajar di kelas saja, tapi juga terjun langsung ke negara yang bahasa ibu-nya menggunakan bahasa Inggris,” papar Catlea Ratushima, salah satu mahasiswa yang ikut serta di outband class tersebut.

Last Update : 13 Juni 2021