PESERTA LOMBA PMR DINUSFEST ANTUSIAS


Masih dari rangkaian lomba hari ke-4 Dinus Festival 2015, yang diselenggarakan di lingkungan Kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Pada Kamis (8/1) kemarin diselenggarakan berbagai macam kegiatan , diantaranya donor darah, workshop web interaktif desain, network competition, lomba pidato guru, serta lomba Palang Merah Remaja (PMR).
 
Selama seminggu ini, seluruh lokasi Udinus dipadati oleh siswa-siswi SMA/SMK sederajat untuk mengikuti berbagai kegiatan. Salah satunya lomba Palang Merah Remaja yang diadakan oleh Fakultas Kesehatan Udinus ini mampu menyedot 32 peserta dari 8 tim dari sekolah di Jawa Tengah.
Setiap sekolah yang mengirimkan 1 tim untuk mengikuti lomba PMR ini, anggotanya harus terdiri dari 1 orang korban, 1 orang narator, dan 2 orang penolong. Dimana posisi tersebut akan diundi saat pelaksana lomba. Tes lomba ini terdiri dari 2 macam, yaitu tes tertulis dan tes praktek. Dimana sebelum tes praktek, semua peserta akan mengikuti tes tertulis terlebih dahulu.
 
“Materi yang dilombakan-pun relative dasar, yakni cedera jaringan lunak, cedera sistem otot rangka, luka bakar, pemindahan korban, kedaruratan medis, dan keracunan,” ujar koordinator lomba Vilda.

Saat tes praktek dilaksanakan, peserta lain dikarantina di ruangan lain. “Tes yang diberikan di lomba ini cukup rumit, karena ini adalah PMR golongan wira aspek “pertolongan pertama,” tambahnya.

Untuk hari terakhir Jumat (9/1), Dinus Festival 2015 akan ditutup dengan acara kebersamaan berupa senam pagi bersama Rektor dan seluruh civitas academica Udinus. Setelah itu akan ada pengumunan pemenang semua kategori lomba, dan ditutup dengan penampilan grup Rentjang Rentjong di main stage Dinus Festival 2015.(humas)

Last Update : 25 September 2021