UDINUS BERI BANTUAN KORBAN LONGSOR BANJARNEGARA


Bencana longsor di desa Karangkobar, Banjarnegara  tidak hanya menimbulkan duka bagi masyarakat Jawa Tengah, namun juga mengetuk pintu hati banyak pihak yang ingin membantu para korbannya. Demikian juga yang dilakukan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada Selasa (16/12) lalu. Kampus IT terbaik di Jawa Tengah ini mengirimkan bantuan senilai Rp 50 juta dalam berbagai bentuk kebutuhan yang dibutuhkan oleh para korban. Antara lain peralatan mandi, kebutuhan anak seperti susu dan popok skali pakai, bubur instan bayim air mineral, biscuit, mie instan, dan lain-lain. 

Aksi kemanusiaan Udinus Peduli Banjarnegara ini diantar langsung oleh jajaran civitas academica Udinus. Diantaranya Wakil Rektor 2 Dr. St. Dwiarso Utomo, SE, M.Kom, Akt., Wakil Rektor 3 Usman Sudibyo, S.Si, M.Kom, Kepala Kantor Urusan Internasional  Dr. Pulung Nurtantio Andono, M.Kom, Kepala Biro Umum Sarju, S.Kom, MM. Didampingi beberapa karyawan serta dari UKM Aldakawanaseta dan UKM Basket Udinus, bantuan yang dibawa dari Semarang ini diserahkan di posko siaga darurat bencana yang dikelola Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara.

 

“Bantuan yang kami serahkan ini semoga dapat mengurangi beban para korban bencana Banjarnegara ini. Karena Udinus tidak hanya konsen terhadap dunia pendidikan saja, namun juga peduli terhadap lingkungan sekitar, terutama yang sedang membutuhkan bantuan,” tandas Wakil Rektor 2 Udinus Dwiarso Utomo.

Anggota UKM di Udinus juga dilibatkan dalam kegiatan Udinus Peduli ini. “Selain untuk lebih mendekatkan antara civitas academica dengan mahasiswa, kegiatan ini juga dapat mengajarkan ke seluruh mahasiswa untuk lebih berempati pada keadaan sekitar,” tambah Dwiarso. 

Tujuan utama rombongan Udinus Peduli untuk menuju ke lokasi bencana juga tertahan dikarenakan adanya longsor susulan , yang mengakibatkan beberapa akses menuju lokasi ditutup dan dipadati tim SAR yang sedang mengevakuasi lokasi bencana. “Kami menerima dengan senang hati bantuan dari Udinus. Namun hanya kami ijinkan sampai disini saja, karena lokasi bencana sangat rawan. Distribusi bantuan akan kami atur sesuai kebutuhan para korban,” papar Yanu Harsono, S.Ip, SH sebagai Ketua Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara.

Yanu menambahkan, bantuan yang saat ini sangat dibutuhkan oleh korban bencana adalah peralatan dapur untuk memasak makanan sehari-hari, serta peralatan mandi.(humas)

Last Update : 15 Juni 2021