FKM UDINUS SUKSES GELAR TALKSHOW PERGAULAN SEHAT


Gelak tawa para peserta memenuhi suasana Lantai 3 Gedung E Udinus pada Sabtu (10/5) lalu. Memang inilah cairnya suasana talkshow kesehatan reproduksi yang bertajuk “Aku Sehat di Pergaulanku.” Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) Udinus mendaulat Achmad Masyukur, S.Psi., M.A, dosen Psikologi di salah satu universitas negeri di Semarang, dan Dr. Iwan Setyawan, SpKK dokter spesialis kulit dan kelamin, untuk menjadi pengisi acaranya. Sebanyak 300an orang, yang terdiri dari siswa-siswi dari perwakilan SMA/SMK di Semarang serta mahasiswa dari Udinus dan perguruan tinggi di Semarang dan sekitarnya, memadati aula Udinus sejak jam 8 pagi.

Dari sisi psikologis, anak muda yang sedang dalam masa pertumbuhan cenderung punya rasa ingin tahu yang besar, sehingga perlu adanya proteksi diri baik dari sisi agama mapun pengetahuan tentang tingkah laku terhadap lawan jenis. “Untuk itulah peran orang tua harus mendominasi dalam membimbing anak-anak mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan,” papar Achmad Masyukur didepan peserta talkshow.

Selain itu, anak muda juga perlu menilai sendiri perilaku berpacaran, dan tahu tentang pacaran sehat. Karena jika tidak memahami apa itu pacaran sehat, maka akan mengakibatkan perilaku seks beresiko, tambah Achmad.

Sedangkan Iwan Setyawan mengulas tentang koridor mana saja yang tidak boleh ditembus oleh anak muda yang ingin punya pergaulan sehat. Misalnya timbul persepsi bahwa jika mau disebuut anak gaul harus pacaran, ini sudah sangat menyimpang dengan budaya kita. “Terlebih, anak muda sekarang cenderung meniru gaya pacaran luar negeri. Padahal jika tidak mengetahui batas-batasnya, justru merugikan diri sendiri,” ungkap Iwan Setyawan, yang populer sebagai pakar seksologi di Semarang ini.

Iwan menambahkan, pendidikan seks juga harus diberikan sejak dini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, tentunya dengan penyampaian yang sesuai dengan usia anak.

Galan dari SMK Cendikia dan Khaisar dari SMA Walisongo pun berkesempatan mengajukan pertanyaan pada kedua narasumber , seputar kesehatan reproduksi mauun pengaruhnya terhadap keadaan psikologis seseorang. Mereka merasakan banyak manfaat dalam talkshow yang digelar oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Udinus.

"Terimakasih pada Udinus telah membuat acara ini, sehingga kami mendapat ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat," tandas Galan.(humas)

Last Update : 15 Juni 2021