UDINUS JUARAI KONTES ROBOT ABU INDONESIA (KRAI) REGION III


Terasa suasana yang berbeda pada hari Sabtu (10/5) di Stadion Gor Jatidiri Semarang kemarin. Tempat tersebut menjadi saksi pelaksanaan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2014 Regional III Jateng–DIY.Terdapat 24 nama universitas yang ikut memeriahkan acara KRI pada tahun ini. Pemukulan gong tanda KRI 2014 Regional III resmi di mulai, yang kemudian di lanjutkan dengan persembahan Tari Gambang Semarang oleh pihak tuan rumah.

Lomba yang pertama kali di mulai adalah Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). Dr. Ir. Wahidin Wahab, MSc, selaku Ketua Dewan Juri, memperkenalkan para juri dan wasit yang akan terlibat ke dalam 4 kategori perlombaan. Tak lama setelah itu, para peserta yang mengikuti KRAI segera mempersiapkan robot mereka masing-masing. Setelah semua persiapan selesai, babak penyisihan pertama pun di mulai, di awali dengan pertandingan antara robot Unissula melawan robot dari Universitas Ahmad Dahlan. Setelah KRAI babak pertama selesai, Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) segera memulai pertandingan. Selang beberapa jam kemudian, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) pun ikut di mulai. Seusai istirahat, babak penyisihan kedua KRAI pun langsung di lanjutkan. Selama pertandingan berlangsung, para suporter tak henti-hentinya mendukung tim robotica dari universitas mereka masing-masing dengan semangatnya.

Pada malam harinya, saat yang paling di nanti-nantikan oleh para peserta pun tiba. Pada Penutupan KRI 2014 Regional III, Ketua Dewan Juri mengumumkan hasil akhir dari 4 kategori pertandingan. Melalui Whillie sebutan kebanggaan robot Udinus berhasil meraih Juara I untuk kategori KRAI dan berhak untuk bertanding secara nasional.Sementara kategori KRSI diraih Universitas Ahmad Dahlan; kategori KRSBI diraih Universitas Kristen Satya Wacana, kategori KRPAI beroda disabet oleh UII, sedangkan kategori KRPAI berkaki disabet oleh tim robot dari Universitas Kristen Satya Wacana. Para pemenang tersebut yang nantinya akan berlanjut ke KRI Tingkat Nasional pada tanggal 18-22 Juni mendatang.

Rektor Udinus, Dr Ir Edi Noersasongko mengaku bangga atas prestasi yang diraih mahasiswanya, ia berharap dalam kontes nasional akan meraih prestasi yang gemilang.

"Kami ucapkan selamat pada mereka yang telah berjuang dan berprestasi. Kami bangga, semoga ajang tingkat nasional juga mampu bersaing dan berkompetisi sekaligus menjadi juara," tandas Edi.(Humas)

Last Update : 13 Juni 2021