FIB UDINUS GELAR ENGLISH COMPETITION 2014


Universitas Dian Nuswantoro terus membuka kesempatan bagi siswa-siswi di bangku SMA/SMK, untuk mengenal lebih dekat pilihan fakultas yang bisa mereka tuju setelah lulus sekolah menengah kelak. Jika beberapa waktu lalu digelar Fasilkom Week, gawenya Fakultas Ilmu Komputer Udinus, kini giliran Fakultas Ilmu Budaya Udinus yang mengadakan English Competition 2014. Acara yang mengambil tajuk “A Challenging Talent” ini dibuka untuk siswa/siswi SMA/SMK/MA se-Karesidenan Semarang. Berbagai macam lomba yang digelar adalah Lomba News Casting, Poetry Musical, Scrabbel dan Story Retelling. Memperebutkan hadiah uang pembinaan, tropi dan sertifikat, peserta lomba sebanyak 22 sekolah ini memulai babak penilaian sejak pukul 08.00 WIB pada pekan lalu di Gedung G Lantai 3. Haryati Sulistyorini, selaku Pembina HMBI FIB Udinus mengemukakan, “Acara English Competition 2014 ini adalah agenda rutin setiap tahunnya yang digelar FIB Udinus. Kami berharap, setiap tahunnya dapat lebih mempererat hubungan FIB Udinus dengan siswa/siswi tingkat sekolah menengah di Semarang dan sekitarnya.”

Untuk news casting, penilaian didasarkan pada kelancaran peserta dalam membawakan berita, kejelasan pengucapan kata, serta penampilan sang pembawa berita itu sendiri. “Jenis tema berita yang dipilihkan oleh panitia dalam lomba news casting ini juga beragam, mengikuti isu yang berkembang. Namun secara keseluruhan, penampilan peserta lombanya memang sudah cukup baik, sehingga persaingan lomba juga cukup kompetitif,” jelas Havez Hekmathyar, ketua Panitia English Competition 2014.

Yang menarik lagi adalah lomba Story Retelling, dimana peserta dari tiap sekolah akan mengirimkan sekelompok siswa yang akan menampilkan pertunjukkan cerita dalam bahasa Inggris. Kelompok peserta dengan pemilihan cerita yang bagus, cara penyampaian cerita yang sesuai, olah suara, gerak tubuh, pemilihan kata, dan keseluruhan penampilan yang maksimal-lah yang akan keluar sebagai juara. Alexander Daniel, salah seorang peserta mengungkapkan, “Kami mempersiapkan lomba story retelling ini dengan maksimal, karena selain fun, lomba ini juga mengasah kemampuan akting kami menggunakan bahasa asing," ujarnya.

Di akhir acara diumumkan pemenang dari tiap-tiap kategori. Untuk news casting, pemenangnya didominasi oleh SMA Mardisiswa, untuk lomba poetry musical dan story retelling didominasi oleh SMA Kristen Tri Tunggal. Sedangkan untuk lomba scrabble, semua pemenangnya diraih oleh SMA Krista Mitra.(humas)

 

Last Update : 14 Juni 2021