FASILKOM WEEK MERIAH


Berawal dari banyaknya kegiatan yang dilaksanakan di salah satu fakultas terbesar di Universitas Dian Nuswantoro, Fakultas Ilmu Komputer, baik itu kegiatan dosen maupun mahasiswa, maka diadakanlah Fasilkom Week 5-8 Mei lalu.

“Konsep acara ini sendiri adalah menggabungkan aktivitas dosen dan mahasiswa menjadi satu acara dalam satu minggu penuh. Tujuannya tentu selain ingin memperkenalkan Fasilkom Udinus sebagai salah satu fakultas terbesar di Udinus, juga untuk lebih mempererat hubungan civitas akademika Udinus dengan SMA/SMK di Semarang dan sekitranya,” ujar Godham Eko Saputro, M.Ds selaku ketua panitia Fasilkom Week.

Ada berbagai macam lomba yang diadakan dalam rangkaian lomba di Fasilkom Week, diantaranya lomba animasi, lomba fotografi, lomba mading 3D, lomba media pembelajaran interaktif, lomba mural, lomba instalasi jaringan, hingga lomba video dan presenter. Selain itu di pelataran parkir gedung D, juga ada panggung yang diisi penampilan mahasiswa dari penampilan band, hip hop dance, hingga beatbox dan berbagai macam games untuk dosen, mahasiswa, dan peserta lomba.

Selain berbagai macam lomba, diadakan pula seminar fun communication di Gedung E lantai 3, maupun mini seminar di area panggung pelataran parkir gedung E, serta bazaar wirausaha, hingga pameran komunitas yang terus dipajang selama acara berlangsung.

“Disini dapat dilihat berbagai macam pameran karya mahasiswa Udinus dari lomba level progdi, hingga level nasional. Karena segala prestasi yang pernah diraih oleh Fasilkom Udinus akan ditampilkan all out selama seminggu ini,” ungkap Dr. Abdul Syukur selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer Udinus.

Fasilkom ini juga dijadikan sebagai ajang open house Udinus sendiri, sehingga semakin banyak kesempatan untuk siswa/siswi di sekolah menengah mengenal Udinus lebih dekat. Selain itu lomba-lomba yang digelarpun adalah lomba yang kini lagi sedang marak disukai siswa/siswi SMA/SMK, seperti lomba fotografi, lomba animasi, dan stand up comedy.

“Kami ingin mengikuti apa yang sedang tren di kalangan anak muda, contohnya lomba animasi. Jangan cuma kagum aja jika film animasi Upin Ipin dari Malaysia, kita sebagai generasi muda Indonesia juga harus dapat menciptakan animasi sendiri, yang tentu tidak kalah dari buatan negara tetangga,” tandas Rektor Udinus Dr. Edi Noersasongko dalam sambutannya pada acara pembukaan Fasilkom Week.

Selain itu, Udinus juga mempunyai TVKU yang dapat digunakan sebagai sarana memamerkan hasil-hasil karya mahasiswanya, salah satunya animasi. Untuk itu, lomba animasi yang digelar Fasilkom Week ini adalah untuk menjaring bibit-bibit pencipta animasi baru di Udinus, tambahnya.

Fasilkom Week yang bertajuk “ArkTech – Swim down your act, and creativity at the wave of technology” ini ditutup dengan penanaman mangrove di kawasan Mangkang pada Jumat (9/5) lalu, bersama seluruh civitas akademika dan mahasiswa Fasilkom Udinus.(humas)

Last Update : 22 Juni 2021