UDINUS-OSAKA INTERNATIONAL UNIVERSITY OPTIMALKAN KERJASAMA


Setelah ditandatanganinya MoU antara Udinus dengan Osaka International University (OIU) beberapa waktu lalu, kini implementasi kerjasama keduanya sudah mulai digelar.  Sesuai dengan kesepakatan yang disetujui bersama, Udinus dan Osaka International University akan melakukan program student mobility. Dimana mahasiswa Udinus diberi kesempatan untuk kuliah di OIU selama satu semester hingga satu tahun. Dan kini proses seleksi sudah mulai digelar dengan persyaratan yang telah ditentukan pihak kampus. Untuk periode hingga September 2014 ini, OIU akan menerima 2 orang mahasiswa Udinus, di bidang bahasa dan budaya Jepang selama 1 tahun, dan akan diteruskan periode berikutnya dengan jumlah mahasiswa yang lebih banyak. Begitu juga pihak Osaka,  juga akan melakukan banyak hal terkait dengan budaya di Indonesia. Kepala Kantor Urusan Internasional Udinus Dr Pulung Nurtantio Andono,MKom, mengungkapkan, kerjasama yang dibangunnya ini merupakan langkah maju dalam mewujudkan lulusan yang memiliki kualifikasi internasional.

 “Program student mobility ini memang salah satu keunggulan Udinus, dimana kami memfasilitasi mahasiswa yang ingin mendapat ilmu sekaligus pengalaman dari negara lain yang lebih maju dari Indonesia. Tentunya hal ini akan menjadi nilai plus bagi lulusan Udinus sendiri,” ujar Pulung.

 Ia mengaku mereka yang terpilih diharapkan dapat memacu semangat teman-teman lainnya untuk mengikuti jejak sebelumnya.

"Virus untuk memiliki kualifikasi internasional harus ditularkan pada mahasiswa lainnya, sehingga mereka nantinya mampu bersaing dalam kancah internasional. Ini akan sangat membanggakan," tambah Pulung.

 Kini , mahasiswa yang telah mendaftar telah dalam proses seleksi dan mengikuti serangkaian tes dan berbagai tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku. Mereka yang terpilih nantinya bisa berasal dari berbagai program studi di Udinus. Namun demikian mereka harus lolos untuk materi seleksi bahasa Jepang tertulis, wawancara, dan tahapan seleksi berikutnya.

Pulung menambahkan, banyak kesempatan yang diberikan oleh Osaka International University. Oleh karenanya, ia berharap mahasiswa Udinus mampu memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan emas ini.
"Silakan rekan-rekan mahasiswa bergabung, karena ini adalah kesempatan yang luar biasa. Jadi harus betul-betul dimanfaatkan sebaik mungkin," tambahnya.

Ditambahkan Pulung, dengan direalisasikannya Mou antara Udinus dan Osaka International University ini, pihaknya mengaku sangat konsisten dengan program-program yang ada, salah satunya adalah memiliki nilai lebih, mampu berkompetisi dan menyetarakan diri dengan universitas-universitas terbaik di negara berkembang,” imbuhnya.(humas)

Last Update : 25 September 2021