FAKULTAS ILMU KOMPUTER GELAR DIALOG AKADEMIK


“Suarakan aspirasimu untuk mencapai Fasilkom yang lebih baik” itulah ajakan dari DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) dalam Dialog Akademik Fakultas Ilmu Komputer Udinus, pada Kamis (13/3) kemarin. Agenda rutin tahunan ini memang digelar untuk menampung aspirasi mahasiswa FIK , agar memperbaiki kinerja civitas akademika dan membuat atmosfer perkuliahan makin nyaman.

Dialog Akademik yang mengambil tema “Evaluation For Our Growth” ini mengundang seluruh mahasiswa Fasilkom Udinus yang ingin mengeluarkan uneg-uneg seputar dunia kampus. Acara ini dibuka oleh Dekan Fasilkom Dr. Abdul Syukur, MM dengan memberikan sedikit prolog dan memperkenalkan jajaran civitas akademik yang mendampinginya. Mereka adalah Sekretaris Dekan Ayu Pertiwi, MT, Kaprogdi TI S1 Dr. Heru Agus Santoso, Kaprogdi SI S1 Sri Winarno, M.Kom, Kaprogdi D3 Penyiaran Suharyanto, M.Kom, Kaprogdi D3 MI Edi Faisal, M.Kom, Erika Devi Udayanti, M.CS selaku coordinator kemahasiswaan, dan Sudaryono, S.Kom selaku Kepala TU Fasilkom.

Pada kesempatan pertama, jajaran civitas akademika Fasilkom disuguhi video yang bercerita tentang komentar para mahasiswa tentang Fakultas Ilmu Komputer. Kemudian mahasiswa yang hadir di Gedung E lantai 3 tersebut dipersilakan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan Fasilkom.

Kesempatan ini tentunya tidak disia-siakan oleh Cucu, mahasiswi angkatan akhir jurusan TI S1, yang mempertanyakan tentang kelebihan menjadi mahasiswa  yang mengikuti program Fast Track di Udinus, terutama keistimewaannya dalam menjalani proses yudisium.

Pertanyaan Cucu ini ditanggapi oleh Kaprogdi TI S1, Heru Agus, “Tidak ada yang diistimewakan oleh kami jajaran civitas akademika. Bukan hanya mahasiswa program Fast Track, namun semua mahasiswa itu kami istimewakan dan kami rangkul untuk segera lulus jika memang sudah waktunya.”

Heru Agus menambahkan, terlebih untuk mahasiswa yang ingin segera lulus namun terkendala hal-hal khusus, seperti materi atau kesusahan bertemu dengan pembimbing, telah diadakan klinik tugas akhir yang dapat diikuti oleh semua mahasiswa yang ingin segera lulus.

Berbeda dengan Cucu, mahasiswa lain yang menyampaikan aspirasinya adalah Ardi, dia adalah Humas dari HM-DKV, yang sangat mengapresiasi kegiatan dialog akademik ini.

“Kami paham Fasilkom ini besar, dan mayoritas mahasiswa Udinus ini adalah mahasiswa Fasilkom. Namun alangkah lebih baik lagi kedepannya jika kita besar bersama-sama. Mohon diadakan satu event atau project yang melibatkan mahasiswa Fasilkom dari berbagai program studi yang ada,'ujar Ardi.

Aspirasi dari Ardi ini, langsung ditanggapi oleh Dekan Fasilkom. Bahwa Fasilkom akan membuat suatu inkubasi bisnis, laboratorium yang nantinya akan mengerjakan banyak project. Dirancang oleh dosen, dan dikerjakan oleh mahasiswa dari berbagai program studi di Fasilkom Udinus.

“Fakultas Ilmu Komputer Udinus ini memang mempunyai banyak Program Studi. Sudah ada Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, hingga Penyiaran. Dan kini akan bertambah 1 Progdi lagi yakni Ilmu Komunikasi. Sesungguhnya supervis terbaik dalam kegiatan perkuliahan di kampus ini adalah mahasiswa itu sendiri. Untuk itu kerjasama yang baik antara civitas akademika dengan mahasiswa sangat dibutuhkan. Bersama kita hebat” tambah Abdul.(humas)

Last Update : 20 September 2021