SMA 1 REMBANG RAIH JUARA 1 IT-FEST 2014 UDINUS


SEMARANG- Setelah  melalui perhelatan yang sangat sengit, akhirnya IT Competition 2014 yang digelar oleh UKM DNCC (Dian Nuswantoro Computer Club) Udinus berhasil mengukuhkan SMAN 1 Rembang sebagai juara 1 di event tersebut.

Sebelumnya roadshow tahap penyisihan sudah berjalan sejak bulan Februari lalu  dan terbagi menjadi 4 regional. Diantaranya adalah regional Semarang, Pekalongan, Salatiga dan Rembang. Untuk regional Semarang babak  penyisihan dilakukan di gedung E Lantai 3 Udinus, dan dng diikuti 15 tim. Regional Pekalongan dan sekitarnya, dilakukan di SMKN 1 Kedungwuni, diikuti 18 tim. Regional Salatiga dan sekitarnya, dilakukan di SMKN 2 Salatiga, diikuti 14 tim. Serta Regional Rembang dan sekitarnya, di SMAN 3 Rembang, diikuti 12 tim. Sistem penyisihannya sendiri dengan mengerjakan ujian online dan cerdas cermat, hingga didapat 3 tim terbaik untuk mewakili regionnya.

Pada tahap semifinal yang dilakukan pada (23/2), telah ditentukan 12 tim terbaik dari 4 regional untuk bertanding agar lolos di babak final. “Level soal antara babak penyisihan dengan babak semifinal maupun final tentunya berbeda di tiap level. Namun tetap bertemakan tentang IT, sehingga dapat menguji kemampuan tiap tim,” ujar Cahyo Dwi Saputro selaku ketua Panitia ITFest 2014.

Grand final yang dilaksanakan pada Minggu (2/3) lalu, menempatkan SMAN 1 Rembang, SMAN 1 Tegal, dan SMK Tunas Harapan Pati sebagai finalis untuk saling bersaing mendapatkan gelar juara terbaik.  Di babak awal, SMAN 1 Tegal sempat memimpin, yang kemudian dikejar SMAN 1 Rembang pada babak kedua. Tapi sayang pada babak 3, SMK Tunas Harapan Pati dapat merebut perolehan angka sebesar 450 menyingkirkan 2 tim lain. Hingga di babak akhir saat ketiga finalis harus mempertaruhkan skor yang dimiliki, SMAN 1 Rembang berhasil mengumpulkan total skor 550 dan layak dinobatkan sebagai juara ITFest 2014. Digawangi oleh Andjar Nirmala, Cipta Ghani, dan Muhammad Fadhli, SMAN 1 Rembang membuktikan ketangguhan mengalahkan 59 tim lain di seluruh Jawa Tengah.

Salah seorang tim dari SMA 1 Rembang , Andjar Nirmala mengaku pihaknya memang telah mempersiapkan diri mengikuti even ini sejak awal. Oleh karenanya ia bersama timnya sangat bangga memenangkan kompetisi ini.

"Terimakasih semua pihak yang telah memberi dukungan pada tim kami, sehingga bisa meraih juara," ujar Nirmala bangga.

Selain IT Competition, di saat yang sama diumumkan juga pemenang dari Code Exhibition yang diselenggarakan untuk intern Udinus. Even ini para peserta menunjukkan kebolehannya melakukan coding. Selain itu juga, diumumkan pemenang The Explorer, untuk tingkat 6 sekolah SMA/SMK sederajat di Semarang, dimana pesertanya diwajibkan membuat media pembelajaran interaktif.

Wakil rektor III bidang kemahasiswaan, Usman Sudibyo,mengatakan bahwa even kali cukup meriah dan para peserta antusias mengikuti prosesi lomba. Periode mendatang ia mengaku akan dilakukan lebih meriah lagi. 

“Kegiatan tahunan ITFest 2014 ini memang terus kami dukung untuk kemajuan para generasi-generasi IT terkini. Sehingga dapat menarik minat mereka dalam mendalami IT, dan dapat berkembang menjadi programmer handal,” ujar Usman.

Para pemenang di ajang ini juga mendapatkan uang pembinaan, trophy, piagam, dan voucher beasiswa Udinus. (humas)

Last Update : 19 Juni 2021