UDINUS OPTIMALKAN RAIH KUOTA PKM


Pencapaian prestasi UDINUS dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) pada 2013 dengan menyabet juara ke-3, nampaknya tak membuat puas. Apalagi banyak pada pengajuan tahun 2013 lalu, Udinus telah meloloskan sebanyak 34 PKM untuk pendanaan tahun 2014. Ini artinya akan makin banyak peluang yang dapat diraih.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari PKM, salah satunya yang dilakukan oleh Biro Kemahasiswaan UDINUS pada Selasa (11/2) lalu. Dimana 192 dosen Udinus yang biasa membimbing mahasiswa untuk dapat lolos di persaingan Pekan Ilmiah Mahasiswa PKM. Bertempat di aula Udinus gedung E lantai 3, para dosen ini mendapat paparan dari Prof. Ir. Jamasri, Ph.D, seorang dosen UGM yang juga telah biasa menjadi reviewer dan juri PIMNAS DIKTI. Workshop ini banyak memberikan strategi-strategi pencapaian PKM menuju PIMNAS selanjutnya.

Konsep dasar PKM memang untuk memacuk kegiatan kreatif mahasiswa, yang lebih mengandalkan kerjasama tim, kemampuan, keahlian, sikap dan tanggung jawab mahasiswa itu sendiri. Adapun tugas dosen pembimbing PKM ini adalah agar memupuk kecerdasan dan kreativitas mahasiswa, sehingga lebih banyak mahasiswa yang terpacu untuk mengikuti PKM.

Tema-tema PKM sendiri banyak yang se-linier dengan kegiatan akademik. Karena memang secara tidak langsung, PKM ini merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang linier dengan akademik.

Prof. Jamasri juga mengungkapkan,”Perguruan Tinggi yang sering mengikuti PKM, di lingkungan kampusnya akan tercipta atmosfir akademik yang bagus, sekaligus mengasah mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan softskill dan leadership.”

Udinus sendiri membuka kesempatan bagi mahasiswanya yang ingin mengasah kemampuan di kegiatan PKM tersebut, untuk mereka yang ada di semester 1 dan maksimal semester 7. Mahasiswa dapat mencoba di PKM dengan proposal kegiatan maupun karya tulis. Jika lolos pada PKM tersebut, akan ada pendanaan dari DIKTI.

“Dengan banyaknya brainstorming dari juri PIMNAS seperti yang kami datangkan hari ini, kami optimis Udinus akan dapat menembus PIMNAS setiap tahunnya. Apalagi kami didukung dengan dosen yang mumpuni di masing-masing bidang ilmunya,” ujar Rindra Yusianto, Kepala Biro Mahasiswa UDINUS.

Rindra menambahkan, selain berdiskusi dengan reviewer dan juri PIMNAS seperti saat ini, BIMA juga akan mengadakan bimbingan intern bagi mereka mahasiswa yang punya banyak ide untuk maju di kegiatan PKM.(humas)

Last Update : 27 September 2021