FKM UDINUS BERI PENYULUHAN IBU HAMIL DI MIJEN


Sebagai Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) pada masyarakat luas, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Udinus menggelar penyuluhan Ibu Hamil di kawasan Jatisari kelurahan Mijen, baru-baru ini.Rombongan dari FKM Udinus ini terdiri dari mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan 2012 dari Kementrian bekerjasama dengan HMKM (Himpunan Mahasiswa Masyarakat) Udinus.
Dalam kegiatan ini, para mahasiswa tidak  hanya memberikan informasi mengenai pelayanan Kesehatan Ibu Anak (KIA) dan gizi ibu hamil saja, namun juga memberikan kesempatan pada ibu hamil untuk berbagi pengalaman dan keluhan yang dialami selama hamil.
Seperti misalnya yang dirasakan oleh Sonya, ibu hamil dari Jatisari yang mengeluhkan tentang perutnya yang gatal selama hamil dan berkonsultasi tentang makanan yang baik dan seimbang selama hamil. Berbeda dengan Sonya, ada juga Yuliana, yang menanyakan tentang bagaimana cara merawat bayi yang baru lahir.

“Saya merasa excited dengan feedback yang diberikan oleh masyarakat Jatisari Mijen ini, khususnya para ibu hamil. Karena dengan kegiatan ini, saya dan mahasiswa lainnya bisa saling bertukar dan menularkan ilmu,” ujar Nur Arifatus, salah seorang mahasiswa perwakilan dari penerima Beasiswa Unggulan 2012 dari Kemendikbud, yang juga sebagai pemateri di penyuluhan tersebut.

Pendekatan komprehensif melalui penyuluhan seperti yang dilakukan FKM Udinus ini sengaja dilakukan, agar mahasiswa dapat berperan dan terjun langsung ke masyarakat, menyampaikan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. “Peran mahasiswa FKM Udinus ini menjadi terasa nyata, terlebih saat ini peningkatan Angka Kematian Ibu dan Anak di Indonesia sedang menjadi perhatian khusus,” ungkap Eti Rimawati, SKM, M.Kes selaku Pembina Beasiswa Unggulan 2012 sekaligus Sekretaris Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Udinus. Dengan banyaknya dilakukan penyuluhan seperti ini, diharapkan target MDG’s 2015 dapat tercapai dengan segera, yang salah satunya adalah menurunkan Angka Kematian Ibu dan Anak. (humas)

Last Update : 15 Juni 2021