JOINT RESEARCH FKES UDINUS-TAIPEI MEDICAL UNIVERSITY (TMU)


SEMARANG-Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan melalui bidang pembelajaran, Fakultas Kesehatan UDINUS baru-baru ini menandatangani Letter of Agreement (LoA) dalam Joint Research tentang Health Literacy Survey-Asia (HLS-Asia) di Kota Semarang. Health Literacy merupakan kemampuan dalam membaca, memahami dan menggunakan informasi pelayanankesehatan dalam membuat keputusan untuk pengobatan.

Health Literacy Survey-Asia (HLS-Asia) juga menjadi sebuah proyek parallel dengan European Health Literacy Survey project (HLS-EU) yang bertujuan untuk mengukur literasi kesehatan di Negara-negara Asia dan Pasifik.

Sedangkan di Indonesia, Fakultas Kesehatan UDINUS melakukan survey terhadap 1.000 orang penduduk di Kota Semarang yang dimulai sejak awal Oktober hingga akhir tahun ini. Survei dilakukan secara multi-stage random sampling,. dan institusi yang lain seperti FKM UI dan FK UGM juga melakukan hal yang sama.

20-22 November 2013 lalu, telah dilakukan 1st Conference on Health Literacy Better Healthcare: EU and Asia di Taipei. Even tersebut juga menjadi media bagi FKES Udinus mempresentasikan hasil penelitian Health Literacy di Kota Semarang di hadapan beberapa negara Uni Eropa dan Asia, seperti  Netherlands, Israel, Taiwan, Indonesia, Japan, Kazakhtan, Myanmar, Philipina, Pakistan, Nepal, Vietnam, Laos, Malaysia, Sri Lanka serta dari WHO.(humas)

Last Update : 15 Juni 2021