Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan


LPPM ( Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) UDINUS baru-baru ini mengadakan Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan (SEMANTIK) dengan tema “Industri kreatif dalam perspektif kearifan local berbasis teknologi informasi dan komunikasi” di gedung E lantai 3 UDINUS. Dalam seminarnya, hadir Guru Besar ITB Prof. Dr. Ir. Adang Suwandi Ahmad, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Propinsi Jateng Urip Sihabudin, SH, MH dan Rektor Udinus Dr Ir Edi Noersasongko. Seminar yang dihadiri sekitar 300 orang ini digelar sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sumbangan pemikiran untuk kearifan lokal.

Di awal seminar, para pembicara sempat ditunjukkan E-Gamelan milik Udinus yang menjadi kebanggaan semua warga universitas. Prof Adang mengungkapkan, penelitian tentang E-Gamelan merupakan hasil karya yang monumentaria sesuai dengan keilmuan dan teknologi terkini. Dan sudah tepat jika Udinus menjadikan E-Gamelan sebagai icon, karena selain tetap mengedepankan keunggulan lokal, juga membuktikan bahwa Udinus siap membawa kebudayaan Indonesia ke pasar dunia. Untuk itu harus terbentuk ekosistem yang baik antara perguruan tinggi, indutri, dan pemerintahan.

Sementara itu,dari sisi pemerintahan Urip Sihabudin menambahkan saat ini sistem informasi eksekutif dikembangkan dalam kerangka integrasi sistem. Terlebih, ia menjelaskan bahwa Gubernur Jateng saat ini menginstruksikan, “Apa yang bisa dilakukan melalui IT, lakukanlah dengan IT, agar lebih menghemat energi, karena pada tahun 2014 nanti akan dicanangkan Bapak Gubernur sebagai Tahun Infrastruktur IT.” Di sesi terakhir seminar, moderator Edi Mulyanto, S.Si, M.Kom mempersilakan ketiga narasumber untuk duduk di atas panggung, dan berinteraksi langsung dengan peserta seminar.

Pemakalah SEMANTIK dari Sumatra, Jawa dan Nusa Tenggara yang mengumpulkan paper ke panitia sebanyak 96 orang, namun hanya 82 pemakalah yang lolos mempresentasikan paper-nya. Pesertanya sendiri berasal dari guru, dosen, peneliti, praktisi, mahasiswa, birokrat pemerintah, industry dan umum, yang mendaftar melalui website resmi SEMANTIK 2013 UDINUS Semarang.(humas)

 

Last Update : 13 Juni 2021