UDINUS RAIH JUARA 3 TINGKAT JATENG LOMBA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF


SEMARANG-  Metode pembelajaran kini memiliki banyak varian dan jenisnya. Terlebih sekarang perkembangan teknologi juga dapat digunakan untuk mendukung kemudahan proses belajar mengajar.  Hal inilah yang menginpirasi mahasiswa semester 3 Fakultas Ilmu Komputer UDINUS, Masduki Khamdan Muchamad, meraih juara 3 tingkat Jawa Tengah dalam Lomba Mengajar dan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif, yang diadakan di kampus IKIP PGRI Semarang beberapa waktu yang lalu.
Media pembelajaran untuk materi belajar bangun ruang ini, oleh Masduki diberi tema “Fun Matematic”.
“Media pembelajaran yang saya buat ini lebih interaktif, dan akan mempermudah para guru untuk menjelaskan pada murid-muridnya. Jika biasanya materi bangun ruang hanya disampaikan melalui powerpoint dan jarring-jaring kertas karton, kini dapat dijelaskan secara real melalui aplikasi via computer,” ujar Masduki.
Aplikasi media pembelajaran yang dibuat oleh Masduki ini untuk siswa kelas 9, yang berisi esay soal dengan 4 bangun ruang, yakni balok, kubus, prisma dan limas. Keempat bangun ruang tersebut diolah dalam tampilan 3D, sehingga masing-masing bangun ruang bisa di-buka-tutup jaringnya, dan dihitung volumenya.
Masduki yang merupakan aktifis pers kampus "warta dinus" ini menambahkan, disediakan juga latihan soal yang berbasis custom user di aplikasi ini. Setiap user yang akan menggunakan aplikasi ini harus mengisi data, dan saat selesai menggunakan aplikasi ini, di akhir akan muncul nilai yang didapat setelah mengerjakan latihan soalnya.
Lomba Mengajar dan Pembuatan Media Pembelajaran ini diikuti oleh 25 kontestan dari PTN/PTS se-Jawa Tengah, dengan memperhitungkan sisi desain, materi yang disampaikan, hingga ke-orisinil-an produk multimedia yang dibuat. Seleksi awal, kontestan harus membuat dan mengumpulkan media pembelajarannya kemudian dipresentasikan. Selanjutnya pada tahap kedua, kontestan diberikan waktu 1 jam untuk kembali merancang media pembelajarannya dari nol.(humas)
 
TERIMA PIALA- Masduki (paling kanan) usai menerima piala dan serifikat juara

Last Update : 19 Juni 2021