Jessica Raih Peringkat 3 Nasional Lomba Pidato Bahasa Jepang


SEMARANG- Jessica Amanda Putri, mahasiswa Program Studi Sastra Jepang FIB Udinus baru-baru ini merebut gelar juara 3 dalam lomba pidato bahasa Jepang tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Dhama Persada, Jakarta. Lomba  yang diadakan selama dua hari tersebut, diikuti oleh 29 peserta dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Udinus mengirim 3 orang delegasinya, dua orang di antaranya dapat menjadi finalis, yaitu Jessica dan Evi Sophianingrum. Para finalis yang berjumlah 10 orang  kemudian harus tampil kembali di hari kedua. Setelah melalui perhelatan yang sangat panjang akhirnya Jessica berhasil mendapat juara III pada even tersebut. Jessica mengusung tema tentang bagaimana sebaiknya seseorang bercita-cita tinggi harus diiringi kemauan tinggi untuk meraihnya. Ketua Program Studi Sastra Jepang, Andy Bangkit Setyawan PhD mengatakan sangat memberi apresiasi terhadap prestasi yang diraih mahasiswanya.

“Prestasi ini sangat berarti bagi kami, karena telah memperoleh penghargaan nasional. Ini juga menjadi salah satu bukti bahwa kami pun bisa bersaing dan berprestasi dengan kampus-kampus lain yang besar ”. 

Ia mengaku, prestasi yang diraih mahasiswanya menjadi bagian yang akan terus dibina dan ditingkatkan. Oleh karena pihaknya, melakukan terobosan dengan meningkatkan peran pengajar untuk kreatif dan selalu meng-up grade perkembangan terkini. Terlebih, native speaker akan ditingkatkan sehingga mampu berkontribusi besar dalam berkomunikasi dengan baik.

Yuka Sugiyama, salah satu staf pengajar Udinus asal Jepang menilai, mahasiswa harus banyak berlatih dan terus berlatih sehingga akan cakap dalam berbicara. Namun demikian, perlu ada inovasi yang berbeda sehingga dapat memiliki nilai lebih.(humas)

Last Update : 24 Juni 2021